XL Axiata Kenalkan “Laut Nusantara” ke Nelayan Banyuwangi

Telset.id, Banyuwangi – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan program sosialisasi aplikasi Laut Nusantara kepada masyarakat dan 100 nelayan di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi Kota, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Di acara sosialisasi tersebut, para nelayan mendapatkan pelatihan mengenai pemanfaatan aplikasi digital Laut Nusantara untuk meningkatkan produktivitas sekaligus keamanan dalam bekerja.

Menurut Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, Banyuwangi merupakan sentra perikanan di Provinsi Jawa Timur dengan produksi ikan yang tinggi. Hal ini yang menjadi alasan XL untuk memperkenalkan aplikasi Laut Nusantara kepada nelayan setempat.

{Baca juga: XL Axiata Dukung Ajang “Republic of IoT 2018”}

“Melalui aplikasi ini nelayan ngga perlu mencari ikan tetapi menangkap ikan,” kata Yessie di Kampung Bandar, Banyuwangi Kamis (04/04/2019).

Sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara sekaligus menjadi upaya XL Axiata untuk membantu pemerintah menyiapkan masyarakat di semua lapisan ekonomi, dengan berbagai profesi, memasuki era digital.

Sosialisasi ini juga memberikan pemahaman kepada masyarakat nelayan untuk secara maksimal memanfaatkan smartphone dan layanan data yang diaksesnya guna meningkatkan produktivitas kerja.

“Kami berterimakasih kepada semua pihak yang membantu kami dalam sosialisasi aplikasi ini. Pasalnya data dalam aplikasi Laut Nusantara membantu nelayan mengenai letak ikan berada,” tambah Yessie.

Aplikasi “Laut Nusantara” dibangun bersama XL Axiata dan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) Kementerian Kelautan dan Perikanan selama kurang lebih 5 bulan ini didukung basis informasi yang lengkap dan real time setiap harinya dari data satelit Moderate-resolution Imaging Spectroradiometer (Modis), Amerika Serikat.

Hal tersebut juga dikatakan oleh Kepala BROL Kementerian Kelautan & Perikanan (KKP) I Nyoman Radiarta. Menurutnya aplikasi Laut Nusantara akan memperbarui informasi terkait lokasi ikan di laut lepas setiap harinya sekitar pukul 10.00 WIB.

PBaca juga: XL Axiata Bantu Korban Banjir Jateng dan Yogyakarta}

“Jadi nelayan bukan lagi mencari ikan tetapi menangkap ikan karena akan dipandu dimana sebenarnya lokasi sehingga punya kepastian,” ujar Nyoman.

Secara umum, saat ini sudah ada 11 daerah dan 1.300 nelayan yang sudah menerima sosialisasi program Laut Nusantara dan tidak kurang dari 10.000 nelayan telah memanfaatkan aplikasi ini. Program sosialisasi akan terus dilakukan di sepanjang tahun 2019 ini dan XL Axiata mentargetkan, hingga akhir tahun nanti akan ada sekira 15 ribu nelayan memanfaatkannya. [NM/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here