Windows 10 Anniversary, Hadiahkan Fitur Baru Untuk Pelaku Industri Kreatif

Telset.id, Jakarta – Resmi bergulir pada tanggal 2 Agustus 2016 sebagai bagian dari Windows 10 Anniversary Update, rangkaian fitur terbaru Windows 10 seperti Windows Ink Workspace siap digunakan oleh para pengguna Windows 10 genuine.

Update ini juga akan mampu meningkatkan produktivitas beragam profesi, termasuk jutaan pelaku industri kreatif di Indonesia.

Linda Dwiyanti, Consumer Channels Group Director, Microsoft Indonesia mengatakan, dengan pertumbuhan ekonomi kreatif yang mencapai 5,76% di tahun 2014 – lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang berada di kisaran 5,74%, industri kreatif memiliki potensi besar untuk memajukan Indonesia. Terlebih dengan tingginya jumlah anak muda yang mengambil peranan dalam industri ini, peluang Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif pun semakin meningkat,” ujar

“Kami berharap update Windows 10 dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri kreatif tanah air dengan membantu meningkatkan produktivitas para pemainnya dan mendukung mereka dalam melakukan transformasi digital,” ujar Linda.

Salah satu pelaku industri Indonesia, sebagai pengguna Windows 10 adalah Faza Ibnu Ubaidillah (Faza Meonk), pencipta komik Si Juki. Ketika Faza tengah kerepotan dengan deadline yang mendesak, ia menggunakan rangkaian fitur Windows Ink Workspace untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerjanya.

Misalnya fitur Sticky Notes yang dapat mempermudah Faza dalam berselencar di internet. Faza cukup menuliskan keyword yang ingin ia cari di Sticky Notes dan fitur ini akan langsung terintegrasi dengan Microsoft Edge – memberikan Faza variasi sumber inspirasi secara real time.

Selain Sticky Notes, fitur lain yang kerap digunakan oleh Faza adalah Sketchpad. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menulis atau menggambar di atas perangkat dengan memakai pena stylus bagi perangkat touchscreen atau mouse untuk perangkat non-touchscreen. Sketchpad pun menyediakan fitur Ruler yang dapat memudahkan penggunanya dalam menciptakan garis lurus saat berkreasi.

“Saat membuat komik, proses kreatif yang saya lalui terbilang panjang, mulai dari mencari ide hingga menuangkannya ke atas kertas,” jelas Faza Meonk.

“Dengan Sketchpad, saya dapat mengurangi sedikitnya satu tahapan menggambar di kertas. Selain itu, saya juga tidak perlu takut kehilangan gambar karena bisa langsung saya dimpan di OneDrive – memungkinkan saya untuk membukanya di mana saja dan kapan saja,” tambahnya.

Tidak hanya itu, antarmuka Sketchpad yang ramah pengguna memungkinkan Faza untuk belajar menggunakan fitur terbaru Windows 10 Anniversary Update dengan cepat. Hanya dalam waktu 30 menit pembelajaran, Faza telah terbiasa dengan fitur ini.

Serupa dengan Faza, seorang perancang busana yang sukses mendirikan startup bernama Cloth Inc, Julian Tanoto, juga telah merasakan manfaat Windows 10 Anniversary Update untuk kebutuhan pekerjaan kreatifnya. Julian memanfaatkan Sketchpad yang memungkinkannya untuk menggambar sketsa busana di atas tablet sehingga bisa dibawa bepergian ke mana-mana.

“Sekarang saya bisa menggambar sketsa pakaian di atas pesawat atau kereta api saat melakukan perjalanan dinas. Rasanya sama seperti menggambar di atas kertas sehingga saya menjadi lebih bebas dalam berkreasi. Saya pun bisa langsung mengirimkan sketsa gambar ke rekan saya dengan lebih cepat,” ujar Julian.

Tidak hanya Sketchpad, Julian juga memanfaatkan fitur Screen Sketch untuk membantunya menulis di Web secara efektif. “Saat membuka situs fesyen, saya tinggal menggunakan fitur Screen Sketch untuk langsung menulis atau mencorat-coret di atas Web yang tengah saya kunjungi,” jelasnya. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI