Wew! Robot Bartender di Jepang Pintar Banget Bikin Koktail

Robot bartender

Telset.id, Jakarta Bartender robot pertama di Jepang mulai menyajikan minuman di sebuah pub di Tokyo. Dalam uji coba, baru-baru ini, robot bartender itu terbukti bisa menggantikan peran bartender untuk menyuguhkan bir dan koktail kepada konsumen.

Robot ini melayani minuman di sudut sebuah pub di Tokyo, yang dioperasikan oleh jaringan restoran Yoronotaki. Wajahnya berupa komputer tablet, terpasang emoticon senyum saat mengobrol tentang cuaca sambil menyiapkan pesanan.

Bartender buatan QBIT Robotics itu dapat menuangkan bir dalam 40 detik dan mencampur koktail dalam satu menit. Sang robot bartender di Jepang punya empat kamera untuk memonitor sekaligus menganalisis ekspresi pelanggan dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI).

{Baca juga: Hebat! Antariksa India Kirim Robot Humanoid ke Luar Angkasa}

“Saya suka dengan kehadirannya. Sebab, berurusan dengan bertender manusia justru bisa merepotkan. Saya jadi bisa bebas untuk mabuk,” kata Satoshi Harada, seorang konsumen, dikutip Telset.id dari Reuters, Rabu (05/02/2020).

Pemerintah Jepang telah melonggarkan pembatasan visa untuk menarik lebih banyak pekerja asing. Namun, banyak perusahaan tetap kekurangan tenaga kerja karena populasi penduduk menyusut, dan jumlah warga di atas 65 tahun meningkat.

{Baca juga: Duh! Ini 7 Robot Pekerja yang Bisa Gantikan Manusia}

Perusahaan di bidang layanan dan jasa yang tidak dapat pindah ke luar negeri atau memanfaatkan otomatisasi lebih rentan daripada perusahaan industri. Dalam perawatan kesehatan saja, Jepang terancam kekurangan 380.000 pekerja pada 2025 mendatang.

Jepang ingin memanfaatkan Olimpiade Tokyo 2020 untuk memamerkan teknologi robot yang bergerak di bidang layanan dan jasa. Penyelenggara berencana menggunakan robot bikinan Toyota dan Panasonic untuk membantu pengunjung, pekerja, dan atlet. (SN/MF)

SOURCEReuters
Previous articleIntel Iran Ketahuan Akses Nomor Telepon Warganet Twitter?
Next articlePeluncuran Satelit Satria Masih Tunggu Sumber Dana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here