Waspada! Hacker Incar Akun WhatsApp untuk Penipuan

Telset.id, Jakarta – Ada kabar kurang enak untuk pengguna WhatsApp. Aplikasi pesan instant paling populer di dunia ini rupanya tidak sepenuhnya aman dari serangan hacker. Seorang pengguna melaporkan bahwa akun WhatsApp-nya telah dibajak.

Kejadian ini menimpa seorang pengguna WhatsApp di Bekasi. Menurut penjelasan yang disampaikan kepada Telset.id, akun WhatsApp milik seorang pria yang berprofesi sebagai pengacara itu dibajak orang tidak dikenal pada sore ini, Rabu (10/10/2018).

Dia mengaku belum menyadari ada yang melakukan peretasan ketika tidak bisa membuka akun WhatsApp miliknya sampai diberitahu oleh salah seorang rekan satu grup chat alumni SMA.

Pasalnya peretas ini mengirim pesan yang berisi penipuan berkedok meminjam dana kepada hampir seluruh kontak dalam grup chat yang diikutinya

Rekan korban yang merasa janggal dengan pesan WA yang diterimanya kemudian mengirim SMS ke nomor pria tersebut. Ini dilakukan untuk memastikan apakah nomor telpon korban masih aktif dan bisa berkomunikasi dengan SMS atau telpon.

Baca juga: Unik! Ponsel Model Jadul Ini Bisa WhatsApp dan YouTube

Ternyata apa yang dikhawatirkan terjadi, karena korban membalas SMS dengan menyatakan bahwa dia sudah tidak menggunakan aplikasi tersebut akibat tak bisa diakses dari ponsel miliknya.

Dalam SMS tersebut dia juga memastikan nomor teleponnya masih bisa dipergunakan untuk berkomunikasi seperti biasa via SMS dan telepon.

Anehnya, si hacker bahkan bisa me-remove pelapor dari grup WA, karena nomor yang dibajak berstatus admin di dalam grup Wa tersebut.

Dari kasus tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi WA masih bisa ditembus atau dibajak. Penjahat digital ini bisa melihat dan berkomunikasi dengan semua kontak WA, terutama yang ada di grup untuk tujuan negatif, seperti penipuan.

Baca juga: Jutaan Pengguna iPhone Terancam Tak Bisa Akses WhatsApp

Untuk mencegah adanya korban penipuan dari hacker ini, pengguna WA disarankan tidak langsung terbujuk untuk mengirim atau mentrasfer dana kepada anggota grup chat, apalagi yang tidak dikenal baik.

Ada baiknya Anda mengkonfirmasi kembali melalui SMS jika ada menerima pesan WA yang janggal. Anda juga bisa bertanya kepada anggota grup chat lain untuk memastikan apakah mereka mendapat pesan serupa, karena dalam kasus ini peretas mengirim pesan yang sama ke sejumlah anggota grup chat untuk meminta transfer dana. [WS/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here