Wah, iOS Ternyata Lebih Rentan Daripada Android

iOS lebih rentanJAKARTA – Masih berpikir sistem operasi iOS lebih aman ketimbang Android? Setelah membaca berita ini, sepertinya Anda mulai berpikir ulang tentang kebenaran anggaan tersebut. Yup, berdasarkan laporan terbaru, iOS diduga lebih berbahaya alias tidak aman dibandingkan Android. Mengapa?

Ada anggapan umum bahwa perangkat iOS lebih aman dari perangkat Android. Dengan mengusung platform terbuka alias open source, Android paling mudah dimodifikasi oleh para penggunanya sendiri. Hal ini menyebabkan Android dianggap memiliki tingkat kerentanan yang lebih tinggi dibanding iOS.

Namun menurut sebuah laporan terbaru dari perusahaan keamanan aplikasi mobile Checkmarx dan AppSec Labs, iOS tidak lebih aman ketimbang Android.

Disebutkan bahwa rata-rata aplikasi mobile memiliki sembilan kerentanan, dan aplikasi-aplikasi iOS ternyata lebih tinggi tingkat risikonya dibandingkan aplikasi-aplikasi Android.

Menurut Amit Asybel, manajer pemasaran produk di Checkmarx, bahwa 40% kelemahan di aplikasi-aplikasi iOS sudah masuk ketegori sangat berbahaya bagi para penggunanya, dibandingkan dengan kelemahan Android yang hanya 36%.

Peneliti menguji ratusan aplikasi dari semua jenis, termasuk perbankan, utilitas, ritel, game dan keamanan. Menariknya, aplikasi perbankan bahkan memiliki tingkat kerentanan paling tinggi seperti masalah otentikasi dan kebocoran data mencapai 60%.

Kerentanan yang paling umum adalah pencurian identitas pribadi dengan rata-rata menyumbang 27%. Disusul kemudian dengan masalah pengesahan identitas sebanyak 23%.

Selain itu, ada banyak kelemahan-kelemahan lainnya yang ditemukan termasuk lemahnya sistem penguncian data, pengungkapan informasi teknis seperti log aplikasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, setelah membaca berita ini, apakah anggapan bahwa perangkat iOS lebih aman dari perangkat Android benar-benar bisa dipertanggungjawabkan? [HBS]

SourceGSMArena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI