Dengan VoLTE Smartfren, Nelpon Bisa Pakai Kuota Data

smartfrenTangerang – Melanjutkan pengembangan ekosistem 4G LTE, Smartfren memperkenalkan layanan baru yang akan diluncurkan awal tahun 2016 yakni VoLTE (Voice Over Long Term Evolution).

VoLTE sendiri adalah layanan suara yang  berbasis teknologi all-IP (Internet Protocol) yang terintegrasi dengan fitur panggilan pada smartphone pengguna.

Pendekatan ini berbasis pada IP multimedia subsistem, yang bertujuan menyokong akses telepon dan multimedia melalui terminal nirkabel. VoLTE menyediakan panggilan telepon dengan kualitas suara HD (High definition).

Chief Technology Officer Smartfren Christian Daigneault mengatakan, teknologi suara ini merupakan layanan yang menggunakan jaringan LTE.

“Imbasnya teknologi suara yang menggunakan jaringan LTE akan mendapatkan call setup lebih cepat dan suara yang dihasilkan jauh lebih jernih dibandingkan menggunakan jaringan 3G,” jelas Christian di kantor Smartfren BSD, Serpong, Rabu (11/11/2015).

Disaat yang sama Head of Network Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo, menambahkan layanan VoLTE ini baru bisa digunakan di beberapa smartphone saja seperti Galaxy Note 4, Galaxy Note 5, iPhone 6. Seri Andromax R dan Q siap-siap. Akan ada OTA update untuk ready VoLTE di Q1 2016,” ujarnya

“Khusus untuk Andromax R, layanan ini dapat langsung digunakan ketika sudah siap. Sedangkan, untuk seri Andromax Q dan E nantinya fitur ini akan diperbarui melalui pembaruan Over The Air (OTA),” katanya.

Berbicara mengenai tarif, sejatinya belum ada satuan tarif yang baku dari Smartfren, namun mereka mengungkapkan tarif telepon Volte dilihat dari jumlah menit panggilan berlangsung dan sesuai dengan harga tarif nelpon smartfren per menitnya, hanya saja nantinya angka tersebut akan dikonversi menjadi data dan yang akan dipotong adalah kuota data sesuai dengan angka tersebut.

Semisal, pengguna melakukan panggilan sekitar 1 menit dan tarif satu menit panggilan Smartfren adalah Rp 1000, serta Rp 1000 sama dengan 1 MB. Maka kuota data pengguna akan di potong sekitar 1 Mega Byte.

VoLTE Smartfren sendiri saat ini sedang dalam pengujian tahap akhir. Smartfren berupaya memastikan agar konektivitasnya benar-benar stabil terlebih dahulu sebelum resmi dirilis. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI