Ngeri! Virus Corona ‘Melahap’ Sel Inang Terekam Mikroskop

Telset.id, Jakarta  – Pandemi Covid-19 kian meluas. Ada satu sifat yang membuat SARS-CoV-2 atau virus corona, penyebab Covid-19, sangat menakutkan karena sangat piawai dalam mengambil alih sel inang. Sifat virus Corona itu terekam mikroskop ilmuwan.

Gambar resolusi tinggi terkait pola sifat virus corona telah terekam oleh Elizabeth Fischer, kepala Unit Mikroskopi Elektron Rocky Mountain Laboratory atau RML, menggunakan sebuah mikroskop elektron pemindaian klasik.

{Baca juga: AI dari Alibaba Mampu Deteksi Virus Corona dalam Sekejap}

Fischer juga menangkap visualisasi sel tunggal yang mengakibatkan Middle East Respiratory Syndrome atau MERS. Hasilnya, terlihat lipatan-lipatan oranye-coklat yang merupakan bagian dari permukaan sel tunggal.

Sel tunggal tersebut telah terinfeksi SARS-CoV-2 atau Covid-19. Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Kamis (30/4/2020), partikel SARS-CoV-2 tampak berbentuk bola kecil berwarna biru yang muncul dari permukaan sel.

Menurut National Institutes of Health (NIH), rekaman itu menggambarkan proses yang dikenal sebagai “pelepasan virus”. Partikel virus dilepaskan dari sel yang sekarat. Di sana terlihat seberapa efektif pola SARS-CoV-2.

SARS-CoV-2sangat efektif dalam mengkooptasi sel inang. Menurut Francis Collins dari NIH, hanya satu sel yang terinfeksi yang mampu melepaskan ribuan partikel virus baru yang pada gilirannya ditransmisikan ke yang lain.

{Baca juga: AI dari Alibaba Mampu Deteksi Virus Corona dalam Sekejap}

Jenis-jenis gambar terperinci tersebut membantu para ilmuwan dalam memahami virus corona, yang telah menginfeksi lebih dari tiga juta orang di seluruh dunia. Harapannya, vaksin untuk Covid-19 bisa segera ditemukan.

Sebelumnya, para ilmuwan juga berhasil ungkap cara bagaimana virus Corona infeksi sel pernapasan manusia. Penemuan itu dilakukan oleh para peneliti di Westlake University di Hangzhou dan University of Texas di Austin.

Penemuan tersebut berguna untuk memahami bagaimana virus Corona bisa infeksi sel pernapasan manusia.

Dengan demikian, tenaga medis bisa mempercepat upaya untuk mengembangkan perawatan, bahkan menciptakan vaksin untuk membendung pandemi virus Corona di seluruh dunia.

{Baca juga: Ternyata Begini Cara Virus Corona Infeksi Sel Pernapasan Manusia}

Untuk menginfeksi inang manusia, virus Corona harus dapat masuk ke sel manusia secara individu. Mereka menggunakan mesin-mesin sel untuk menghasilkan salinan virus. Menurut laporan New York Post, virus kemudian tumpah dan menyebar ke sel-sel baru. [SN/HBS]

 

SOURCENew York Post
Previous articleCanon Hadirkan Software untuk Sulap Kamera Jadi Webcam
Next articleSaham Zoom Anjlok Gara-gara Google Gratiskan Meet

1 COMMENT

  1. pada lagi apa si ini? ayo di coba bermain game di https://enakmain.com/ banyak game yang sangat menarik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here