Vehicle Telematics Bantu Efisiensi Kendaraan Operasional

Acara peluncuran layanan Indosat Vehicle Telematics (indosat)
Acara peluncuran layanan Indosat Vehicle Telematics (indosat)

JAKARTA – Indosat menambah portofolio layanan machine to machine (M2M) mereka dengan meluncurkan layanan Vehicle Telematics, yang diklaim menawarkan fungsi lengkap, yaitu tracking, telematics dan analytics.

Layanan Vehicle Telematics akan membidik perusahaan-perusahaan yang ingin mengelola armada/kendaraan operasionalnya secara lebih efektif dan efesien.

Dengan layanan M2M ini, perusahaan diklaim dapat merekam dan menganalisa pola penggunaan kendaraan secara realtime melalui jaringan seluler (GPRS) dan dapat diakses melalui komputer atau smartphone (Android atau iOS) yang terkoneksi ke internet.

Vehicle telematics merekam berbagai data operasional kendaraan yang disimpan otomatis dan terstruktur dalam database, dan datanya dapat diambil sesuai kebutuhan oleh pemilik kendaraan.

Data operasional yang bisa terekam dengan alat ini seperti pemakaian bahan bakar (berjalan vs diam, statistik, dan lain-lain), kondisi kendaraan meliputi kondisi suhu mesin, aki dan kelistrikan, gas buang dan lain lain perilaku berkendara, perencanaan rute perjalanan, kejadian penting dalam operasional kendaraan seperti rem mendadak, banting stir dan sebagainya, serta lokasi alamat tepat dimana posisi kendaraan pada waktu tertentu.

“Sebagai salah satu portofolio dari layanan M2M, Vehicle Telematics merupakan  inovasi yang terus kami kembangkan dari layanan ini dengan  dengan tiga fungsi lengkap yaitu tracking, telematics dan analytics yang pertama di Indonesia,” kata Mieke S. Djalil Head of B2B Transformation Indosat.

Dengan layanan ini, lanjut Mieke, Indosat ingin mendukung perusahaan transportasi, logistik, distribusi atau pertambangan untuk mendapatkan pengelolaan armada yang efisien, dan di lain sisi tercipta keamanan armada dan pengemudi dan meningkatnya kualitas distribusi.

Bagi pemilik kendaraan, layanan ini bermanfaat untuk menginformasikan kondisi kendaraan dengan detail sehingga mengetahui jadwal pemeliharaan kendaraan yang menjadi nilai tambah bagi pelanggan.

Sementara bagi perusahaan asuransi, informasi yang dihasilkan oleh layanan ini dapat dijadikan dasar investigasi klaim. Dengan begitu banyak manfaat yang didapat.

On Board Diagnostic

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI