Unggah Foto Diri & Narkoba ke Facebook, Tahanan Perancis Bikin Heboh

MDR Baumettes
Facebook MDR o Baumettes

JAKARTA РSebuah foto yang muncul di Facebook baru-baru ini sontak membuat heboh warga Perancis. Pasalnya, foto tersebut bukanlah foto biasa, melainkan foto sekelompok tahanan yang berpose bersama benda-benda terlarang, seperti obat-obatan, uang, ponsel dan barang-barang selundupan lainnya.

Menurut surat kabar lokal La Provence, foto para tahanan itu diunggah ke halaman Facebook bernama “MDR Baumettes”. Nama tersebut, konon merujuk pada nama penjara tempat mereka ditahan di selatan Perancis. Demikian dilansir Theverge, (7/1/2015).

Philippe Perron, kepala administrasi penjara Marseille memberitahu AFP bahwa halaman tersebut dibuat dari luar penjara, namun penulis yang tidak disebutkan namanya itu telah dihapus.

Penyelidikan resmi terkait kasus ini pun dilakukan setelah halaman itu ditemukan pada hari Senin, dan Perron mengatakan bahwa otoritas penjara telah mengambil beberapa barang selundupan yang ditampilkan dalam foto.

Sementara itu, gambar-gambar tersebut terlanjur menarik respon keras dari sejumlah pihak, sebut saja serikat penjaga penjara Perancis, yang mengatakan bahwa kurangnya staf telah memungkinkan narapidana mengubah Les Baumettes menjadi “klub liburan.”

Les Baumettes sendiri telah menerima kritikan untuk manajemen dan kondisi hidupnya yang tidak sehat, menyusul serangkaian skandal yang muncul. Fasilitas ini, konon dibangun untuk menampung 1.200 narapidana, namun saat ini dihuni oleh kurang lebih 1.800 narapidana. Hmm… [IF]

“Yang kita lihat di foto-foto ini … apa yang ingin mereka katakan? Penjaga penjara tidak melakukan pekerjaan mereka?” kata Catherine Forzi, dari serikat penjara FO Penitentiaire. Dia juga menambahkan, bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah menambah jumlah penjaga agar memadai. Karena mereka begitu kewalahan, hingga tidak bisa melakukan pekerjaannya lagi. [IF]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI