Uji Coba Pertama, Kecepatan 5G XL Tembus 5.5Gbps

XL melakukan uji coba jaringan 5G (Faisal/Telset.id)

Telset.id, Jakarta –  Teknologi berkembang dengan sangat cepat. Terbukti, baru sekitar 2 tahunan masyarakat merasakan teknologi 4G LTE, sekarang teknologi 5G sudah ada di ambang pintu. XL Axiata menjadi salah satu operator seluler di Indonesia yang sudah mulai mengujicoba jaringan internet super cepat ini.

“Baru dua tahun kita di teknologi 4G, sekarang sudah ujicoba 5G lagi,” kata Dian Siswarini, Presdir XL Axiata saat melakukan uji coba jaringan 5G di Graha XL, Rabu (12/04/2017).

XL bekerja sama dengan perusahaan teknologi Ericsson untuk melakukan test jaringan 5G di outdoor, yang diklaim pertama di Indonesia.

“Ini ujicoba 5G pertama yang dilakukan di outdoor,” klaim Yessie D. Yosetya, Chief Service Management XL Axiata.

Saat dilakukan ujicoba di halaman depan Graha XL, terlihat jika kecepatan download menggunakan teknologi 5G ini berhasil mencapai lebih dari 5.5Gbps. Dengan kecepatan tersebut, menurut Yessie, video berkualitas 4K dengan ukuran 10GB bisa di-download hanya dalam waktu kurang lebih 3 detik saja.

“Download video 4K berukuran 10GB cujup 3 detik saja. Kecepatan 4G saja perlu 13 menit untuk menyelesaikannya,” kata Yessie.

Teknologi 5G sendiri diperkirakan akan hadir secara global pada 2019 sampai 2020 mendatang dan untuk Indonesian sendiri, pihak XL berharap 5G akan hadir di rentang waktu yang tidak berbeda jauh yakni 2020 sampai 2021.

“Mudah-mudahan kita tidak ketinggalan lagi untuk 5G,” kata Dian menutup perbincangan. (FHP/HBS)

3 KOMENTAR

  1. 4g juga belum merata buktinya di daerah saya jawa barat. Blum terkoper 4g
    Di buat rata dulu yg 4gnya dong

  2. Namanya teknology ya memang harus keep up terus berkembang.. Kalo ga gitu bisa ketinggalan.

    Think forward..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here