Teknologi 5G Bisa untuk Apa Saja?

Telset.id, Jakarta – Indonesia akan memasuki babak baru dengan akan digelarnya jaringan 5G. Lantas, saat teknologi Internet super cepat ini resmi diimplementasikan di Indonesia nanti, apa saja manfaat utama yang bisa dirasakan pengguna dengan teknologi 5G?

Menurut Yessie D. Yosetya, Chief Service Management XL Axiata di Graha XL, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan pengguna saat nanti jaringan 5G sudah diimplementasikan. Beberapa sektor teknologi masa depan juga sudah akan bisa berfungsi secara penuh.

“Misalnya teknologi Virtual Reality, pengguna nantinya dapat berinteraksi langsung di lingkungan VR tersebut, dan pengguna bisa merasakan pengalaman yang jauh lebih baik saat menggunakan jaringan 5G,” terang Yessie saat uji coba pertama 5G di Grha XL, Rabu (12/4/2017).

Kemudian, lanjut Yessie, lewat teknologi 5G pun autonomous car akan mulai dimanfaatkan demi kenyamanan manusia ke depannya, karena semuanya serba otomatis dan akan bisa terealisasi berkat teknologi 5G.

Yessie juga mengatakan bahwa dengan adanya 5G, akan mulai bermunculan sistem navigasi berbasis Augmented Reality yang dapat diimplementasikan di dalam kendaraan untuk ke depannya. Selain itu, berkat cepatnya teknologi 5G, maka pemanfaatan teknologi robot pada industri manufaktur pun akan semakin diimplementasikan oleh berbagai industri.

Dan manfaat lain, nantinya para pengguna bisa melakukan perbincangan atau interaksi dengan pengguna lainnya secara real time tanpa harus berada di tempat. Teknologi tersebut​ bernama real time collaboration.

Teknologi 5G sendiri diperkirakan akan hadir secara global pada 2019 atau 2020 mendatang. Sementara untuk Indonesian sendiri, pihak XL berharap 5G akan mulai diluncurkan dalam waktu yang tidak berbeda jauh, yakni 2020 sampai 2021.

Seperti diketahui, XL baru saja menguji coba teknologi 5G di outdoor. Saat dilakukan ujicoba di halaman​ depan Graha XL, kecepatan download  teknologi 5G berhasil mencapai lebih dari 5.5Gbps. Dengan kecepatan tersebut, video berkualitas 4K dengan ukuran 10GB bisa di-download hanya dalam waktu kurang lebih 3 detik.

“Download video 4K berukuran 10GB cukup 3 detik saja. Kecepatan 4G saja perlu 13 menit untuk menyelesaikannya,” kata Yessie. [FHP/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI