Uji Coba 5G, XL Axiata Jajal Komunikasi via Hologram

Telset.id, Jakarta – XL Axiata melakukan uji coba 5G yang ketiga kalinya. Pada tahun ini, XL Axiata mendemonstrasikan kemampuan teknologi 5G untuk komunikasi via hologram.

Uji coba jaringan 5G dilakukan langsung oleh Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya. Lewat teknologi hologram, Yessie melakukan berkomunikasi dengan Menkominfo Rudiantara serta awak media wartawan yang berada di XL Axiata Tower secara real-time.

Ia mengatakan, uji coba 5G ini berjalan dengan lancar. Menurutnya, berkomunikasi lewat teknologi hologram membutuhkan latensi yang rendah, sehingga bisa memberikan tampilan visual yang lebih nyata.

{Baca juga: 5G Baru Dimulai, Huawei Sudah Kembangkan Teknologi 6G}

“Kami menggunakan frekuensi 28 Ghz sehingga latensinya rendah baik untuk hologram dan cloud gaming,” katanya, di Jakarta, Rabu (21/08/2019).

Untuk melakukan uji coba lewat teknologi hologram, dibutuhkan kecepatan internet sampai 1,5 Gbps. Oleh karenanya menurut Yessie, tampilan komunikasi bisa terlihat mulus tanpa ada gangguan sedikit pun.

“Yang kita coba disini hampir sekitar 1,5 Gbps pakai frekuensi 28 Ghz. Kalo gak segitu, mungkin hologramnya patah-patah atau tidak nyambung,” tambahnya.

{Baca juga: Paket Internet XL, Daftar Harga dan Rekomendasi}

Selain dengan teknologi hologram, uji coba jaringan generasi kelima itu juga dilakukan lewat cloud gaming yang dipandu oleh CEO Skyegrid, Rolly Edward. Ia menyatakan, jaringan 5G membuat pengguna dapat bermain game di PC ataupun laptop dengan spesifikasi menengah.

XL Axiata sendiri pertama kali melakukan uji coba 5G pada April 2017 di Graha XL Jakarta untuk tes kecepatan. Kemudian pada Agustus 2018, operator ini kembali melakukan uji coba 5G di Kawasan Kota Tua untuk mendukung Smart City di DKI Jakarta. (NM/FHP)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0