Trafik XL Bakal Melonjak 13% Selama Ramadhan

Presdir XL Axiata Dian Siswarini- dree
Presiden Direktur/ CEO XL Axiata, Dian Siswarini (hendra wiradi/telsetnews)

MALANG – Menjelang hari raya Lebaran biasanya menjadi puncak kesibukan para operator telekomunukasi di Indonesia. Karena selama bulan Ramadhan, lonjakan trafik komunikasi selalu meningkat drastic. XL Axiata memperkirakan lonjakan trafik akan terjadi di semua layanan.

“Jaringan kami sudah siap sepenuhnya menyambut Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Kami  akan siaga 24 jam sehari selama momen ini berlangsung,” kata Presiden Direktur/ CEO XL Axiata, Dian Siswarini saat melepas rombong media peserta XL NetRally 2015 di Jakarta, Kamis (27/5/2015).

Dian menyebutkan, bahwa kenaikan trafik komunikasi selama bukan Ramadhan dan Lebaran tidak hanya akan terjadi di Jawa, namun juga di berbagai wilayah lainnya. Lonjakan trafik akan terjadi di semua layanan.

Saat ini, lanjutnya, XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 470 juta menit/ hari. Sementara untuk trafik SMS adalah 525 juta SMS/ hari, dan trafik data sebesar 500 Terabytes/ hari.

Sementara selama Ramadan dan Lebaran nanti diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik sekitar 5-10% untuk layanan voice atau telepon, 10-15% pada SMS, dan 20-30% di data, dibandingkan dengan trafik di hari biasa.

Kenaikan trafik terbesar akan terjadi pada layanan data mengingat terjadi perubahan perilaku pelanggan yang semakin aktif menggunakan berbagai aplikasi sosial media, tidak hanya di kota besar namun juga di berbagai wilayah/pelosok daerah lainnya.

Kenaikan trafik relatif merata di berbagai kota seluruh Jawa. Sementara di luar Jawa, kenaikan trafik yang signifikan biasanya terjadi di Lampung, Sumatera Barat, dan Bangka, dengan rata-rata kenaikan sebesar 13%.

XL sendiri untuk persiapan jelang Lebaran telah menggelar uji jaringan di beberapa titik jalur padat mudik. XL menggelar uji jaringan secara serentak di lima wilayah operasional dengan mengajak perwakilan dari berbagai media, di Sumatera Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan.[MS/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0