Trafik Internet Telkomsel Diprediksi Naik 20% Saat Ramadan

Trafik Internet Ramadan 2020 Telkomsel

Telset.id, Jakarta – Trafik internet Telkomsel diprediksi akan naik 20% saat Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) di tahun 2020. Telkomsel pun telah menentukan 436 titik strategis atau Point of Interest (POI) yang didominasi oleh kawasan perumahan.

Menurut Direktur Network Telkomsel, Venusiana Papasi kenaikan trafik di tahun 2020 ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini masyarakat akan menjalankan ibadah di bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19.

Alhasil komunikasi diprediksi akan lebih banyak terjadi melalui aplikasi sehingga trafik internet diprediksi akan naik.

“Tahun 2020 adalah tahun tahun pertama menyongsong RAFI dan trafik yang berbeda. Di tahun 2020 ini jika dibandingkan tahun lalu prediksi akan naik 20%,” kata Venusiana.

{Baca juga: Dampak WFH, Trafik Internet Telkomsel Naik Hingga 16%}

Berdasarkan konferensi pers secara virtual melalui aplikasi CloudX Telkomsel pada Selasa (21/04/2020), Venusiana memprediksi jika tahun ini lonjakan trafik akan terjadi di kawasan residensial atau perumahan.

Trafik Internet Ramadan 2020 Telkomsel

Maka dari itu Telkomsel pun telah menentukan 436 titik strategis di RAFI tahun 2020. Ratusan titik tersebut terdiri dari 309 di kawasan perumahan atau Residensial, 58 titik di Rumah Sakit, 38 titik di Bandara dan Pelabuhan serta 31 titik di jalur Transportasi Logistik.

Mostly, tahun ini berbeda, karena akan lebih banyak di kawasan residential,” tutur Venusiana.

Telkomsel juga  memprediksi kenaikan trafik internet yang terjadi di Area 1, Area 2, Area 3 dan Area 4. Pada Area 1 yaitu Pulau Sumatera trafik internet diprediksi naik sebesar 18,8% dan Area 2 yaitu Pulau Jawa diprediksi akan naik hingga 19,6%.

Kemudian untuk Area 3 dan Area 4 yang terdiri dari Pulau Bali dan Nusa Tenggara serta Pulau Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan Papua diprediksi akan naik sebesar 24,5% dan 15,8%.

{Baca juga: Trafik Internet Telkomsel Naik, Tertinggi dari Aplikasi Belajar Online}

Telkomsel pun telah menambah 11 ribu BTS 4G dan 60 Combat BTS Mobile. Selain itu Telkomsel juga akan memantau layanan jaringan melalui Posko Virtual RAFI supaya jaringan Telkomsel tetap stabil. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here