Trafik Data Indosat Meningkat 113,6% Selama Lebaran

Telset.id, Jakarta – Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada Lebaran tahun ini juga terjadi lonjakan trafik Data di jaringan Indosat Ooredoo. Peningkatan trafik Data ini sejalan dengan tren penggunaan social media di masyarakat, terutama untuk mengirimkan ucapan selamat Lebaran.

Lonjakan trafik pada puncak hari Lebaran tanggal 25 Juni 2017 mencapai 2813.18 Terabyte/hari atau meningkat 113,60% dibanding trafik Lebaran tahun sebelumnya. Bila dibandingkan dengan trafik harian reguler, trafik data pada hari Lebaran tahun ini meningkat sebesar 39,52%.

Peningkatan trafik Data tertinggi selama masa mudik Lebaran 2017 terjadi H-3 Lebaran, yang meningkat sekitar 3102,10 Terabyte/hari atau naik 53.85% dibandingkan trafik data hari biasa.

Berbeda dengan layanan data, trafik layanan suara dan SMS cenderung turun selama Lebaran 2017. Bila dibandingkan dengan trafik reguler harian biasa, trafik voice pada hari Lebaran mengalami penurunan menjadi sekitar 286,52 Juta menit, atau turun sekitar 14,45%. Sementara trafik SMS di hari Lebaran menurun menjadi  sekitar 321.12 Juta SMS, atau turun 31.40%.

Pihak Indosat juga menyatakan bahwa tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat, karena keberhasilan kirim antar operator (on-net) Indosat lebih dari 94,18%. Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke lintas operator (off-net) mencapai 89,21% walau terjadi kepadatan jaringan di pengiriman lintas operator.

Group Head Network Operations  Indosat Ooredoo Umar Hadi mengatakan, performansi jaringan Lebaran Indosat yang dapat melayani pelanggan dengan baik ini tidak lepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan Indosat.

Peningkatan kapasitas jaringan antara lain kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 7344 Terabyte/hari, kapasitas layanan suara disiapkan menjadi 37,5 juta Erlang/hari, dan untuk kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,9 Miliar SMS/hari.

“Peningkatan kapasitas ini disiapkan untuk 95,6 juta pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia,” ujar Umar Hadi dalam keterangnnya di Jakarta.

Selain itu performansi jaringan Indosat Ooredoo juga memastikan melayani dengan baik melalui pemantauan jaringan yang dikendalikan dari Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai Command Centre. (MS/HBS)

Leave you

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI