Canggih! Toilet Pintar Ini Deteksi Penyakit dari Kotoran Manusia

toilet pintar kotoran manusia

Telset.id, Jakarta – Sekelompok peneliti tengah mengembangkan toilet pintar yang bisa menganalisa penyakit. Toilet pintar ini mampu deteksi penyakit dari kotoran yang dikeluarkan manusia.

Dilaporkan Ubergizmo, seperti dilansir Telset.id pada Kamis (09/04/2020), toilet pintar tersebut punya bentuk mriip toilet duduk pada umumnya.

Akan tetapi, tim peneliti memberikan sentuhan teknologi pada toilet pintar berupa sensor khusus yang memiliki kemampuan untuk deteksi kotoran manusia, berupa urine maupun kepadatan feses untuk mengetahui penyakit dari pengguna.

{Baca juga: Jangan Coba-coba Main Ponsel Dalam Toilet di Shanghai}

Setelah itu, sensor-sensor itu akan dapat memeriksa beberapa variabel, seperti konsistensi, warna, dan bahkan kadar glukosa dan jumlah sel darah merah dari kotoran yang dikeluarkan.

Tujuannya tentu saja untuk mengetahui apakah pengguna sehat atau memiliki potensi penyakit yang harus segera diobati.

Toilet pintar ini pun sudah dilengkapi dengan keamanan biometrik untuk melindungi privasi pengguna. Uniknya, biometrik tidak hanya melibatkan penggunaan pemindai sidik jari untuk mengotentikasi pengguna.

Tetapi selain itu juga dengan memindai pola anus mereka. Sayangnya hingga saat ini belum jelas kapan toilet cerdas akan dijual di pasaran.

toilet pintar kotoran manusia

Perlu diketahui, di pasaran memang banyak toilet dengan teknologi canggih. Misalnya Neorest NX2 yang dirilis pada tahun 2018.

Toilet yang diciptakan oleh perusahaan properti TOTO ini merupakan toilet yang mampu menutup serta membuka secara otomatis. Tutup Toilet Neorest NX2 akan otomatis terbuka jika pengguna mendekat begitu juga sebaliknya.

Toilet itu memiliki perangkat khusus yang mampu menghilangkan bau, penghangat di dudukan toilet, aerasi dan pengering otomatis. Sehingga pengguna tetap nyaman serta bersih sehabis membuang kotoran.

{Baca juga: 7 Toilet Super Canggih, Bisa Pijat dan Deteksi Penyakit}

Pengguna pun tidak perlu repot membersihkan toilet setiap bulannya. Karena Neorest X2 memiliki Actilight yang merupakan teknologi cahaya ultraviolet, tornado flush, serta eWater+ yang dapat membersihkan sisa-sisa kuman di dalam toilet. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here