Tertarik Ingin Jadi ‘Pemburu Bug’ di Android?

Telset.id, Jakarta – Masalah keamanan di Android masih menjadi momok bagi pengguna Android. Google sendiri sudah mengetahui masalah tersebut, dan terus berupaya membuat Android menjadi lebih aman. Salah satunya dengan cara menawarkan hadiah uang bagi siapa saja yang bisa menemukan celah keamanan dalam sistem operasi Android.

Sebagai raksasa teknologi dan perancang Android, Google sebenarnya bisa mengatasi masalah keamanan di sistem operasi mobile buatannya itu. Namun terbukti masih banyak hacker yang mampu membobol atau menemukan bug di Andoroid.

Melihat kenyataan itu, Google justru ingin memanfaatkan keahlian para hacker untuk membantu mencari bug atau celah keamanan dalam sistem operasi Android, tentunya dengan iming-iming hadiah yang menggiurkan berupa uang tunai.

Program “sayembara” mencari bug di Android ini sebenarnya sudah digelar sejak tahun lalu atau lebih tepatnya sejak bulan Juni 2015, dengan nama ‘Android Security Rewards’. Program ini telah mengucurkan uang sebanyak USD 550.000 atau sekitar Rp 7,2 miliar untuk diberikan kepada orang yang melaporkan bug di Android.

Menurut catatan Google, dari 82 orang yang telah mengklaim hadiah tersebut, hanya satu grup saja yang paling produktif. Sementara itu, hanya 15 orang yang berhasil mendapatkan hadiah USD 10.000 (sekitar Rp 132 juta) atau lebih, dan sekitar 26 orang berhasil meraup uang dengan jumlah hampir USD 76.000 (setara Rp 1 miliar).

Sebagai salah satu perusahaan paling tajir di dunia, jumlah uang sebesar itu bukanlah masalah bagi Google. Bahkan raksasa mesin pencarian ini akan terus menambah nilai hadiahnya menjadi lebih besar. Google tentunya berharap para hacker bisa sedikit meringankan pekerjaan mereka untuk menutu celah-celah keamanan di Android.

Well, apakah Anda tertarik ingin ikut berburu celah keamanan di Android? Siapa tahu  beruntung bisa mengantongi uang ratusan atau bahkan miliaran rupiah. Selamat mencoba.[HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here