Tencent Siapkan Asisten Digital Pesaing Siri, Namanya “Xiaowei”

Telset.id, Jakarta – Tencent Holdings Ltd akan segera memperkenalkan asisten digital untuk WeChat bernama “Xiaowei”. Asisten digital pesaing Siri ini akan membantu pengguna WeChat untuk menjalankan tugas-tugas sederhana, seperti memainkan musik dan memanggil kendaraan.

Xiaowei nantinya akan terhubung dengan sejumlah besar layanan yang dimiliki Tencent, seperti QQ Music. Namun, Eksekutif WeChat, Zhou Jie mengatakan, asisten digital ini juga dapat terhubung dengan aplikasi ringan yang dijalankan oleh pihak ketiga.

Misalnya, Meituan Dianping atau Didi Chuxing yang menyediakan layanan berdasarkan permintaan pengguna, mulai dari jasa pengiriman makanan, hingga jasa transportasi.

Namun, belum jelas kapan Xiaowei akan diluncurkan, dan belum jelas berapa banyak perusahaan China yang berniat membangun layanan.

Baca juga: Google Gandeng Tencent, Mau Bikin Apa?

Selama ini asisten pintar yang diaktifkan suara menjadi perangkat komputasi utama di Amerika Serikat berkat Amazon Alexa dan Siri buatan Apple. Namun, Xiaowei tetap menjadin hal baru bagi warga China.

Seperti Alibaba Group Holding Ltd dan Baidu Inc, Tencent juga menjual speaker pintar, tetapi ini merupakan pertama kali mengintegrasikan asisten digitalnya ke WeChat, platform media sosial paling populer di China.

Langkah Tencent, dinilai relatif terlambat. Karena dengan tidak adanya Amazon dan Google di China, sebenarnya raksasa teknologi lokal seperti Tencent bisa menguasai pasar asisten pintar dengan lebih mudah.

Sayangnya itu tidak segera dilakukan, sehingga kini banyak warga China yang sudah berpaling menginstal layanan seperti Siri untuk berbagai keperluan, mulai dari ponsel hingga lemari es.

Tencent mengatakan, pada Rabu (9/1) bahwa mereka juga berfokus pada upaya mempercepat monetisasi iklan pada Mini Programs, sebuah platform untuk aplikasi eksternal yang berada di atas layanan pesan inti WeChat.

{Baca juga: LINE dan Tencent Kongsian Bikin Mobile Payment di Jepang}

“Perusahaan akan bereksperimen dengan lebih banyak format iklan sambil menambahkan inventaris,” kata eksekutif perusahaan, Du Jiahui.

Pada saat yang sama, raksasa teknologi China ini ingin membuat lebih banyak perusahaan menggunakan layanannya. Tencent terus bertarung dengan miliarder Jack Ma pemilik Alipay di pasar pembayaran mobile,  yang dimenangkan oleh WeChat. [BA/HBS]

Sumber: The Star

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here