telset

Tenang, Google Tetap Kasih “Keringanan” untuk Huawei

Telset.id, Jakarta – Meski Google memutuskan untuk meninggalkan Huawei, namun mereka tetap memberikan keringanan bagi pengguna smartphone Huawei. Raksasa pencarian ini mengizinkan pengguna untuk mengakses dan memperbarui aplikasi via Google Play Store.

Sekadar informasi, smartphone Huawei terancam kehilangan akses ke pembaruan sistem operasi Android di masa mendatang.

Penyebabnya, Alphabet sebagai induk perusahaan Google telah menghentikan kerja sama bisnisnya dengan Huawei.

{Baca juga: Smartphone Huawei Terancam Tidak Didukung Android Lagi}

Keputusan ini membuat Huawei terancam tidak bisa memanfaatkan berbagai layanan Google, termasuk softwarehardware dan sistem operasi, kecuali yang tersedia secara publik melalui lisensi open source.

Konfirmasi Google soal akses Google Play Store sendiri membantah isu yang berkembang selama ini. Pada awalnya, smartphone Huawei dikabarkan tidak akan lagi menerima pembaruan Android dan aplikasi melalui Play Store, dan tidak dapat mengakses layanan Google lainnya.

Dilaporkan phoneArena, seperti dilansir Telset.id pada Senin (20/05/2019), Google menjelaskan jika pengguna Huawei masih akan memiliki akses ke Google Play Store dan keamanan dari Google Play Protect.

{Baca juga: Setelah Google, Giliran Intel dan Qualcomm Musuhi Huawei}

Artinya, pengguna Huawei masih dapat memperbarui aplikasi mereka serta mengunduh aplikasi baru kapan pun mereka mau. Selain itu, beberapa layanan Google seperti Gmail, Google Maps, Google Search, dan Google Assistant akan terus bekerja pada smartphone Huawei.

Asal tahu saja, ditinggalkannya Huawei oleh Google ini menyusul keputusan Donald Trump yang menambahkan Huawei ke daftar hitam perdagangan. Keputusan ini membuat perusahaan asal China tersebut sangat sulit untuk melakukan bisnis dengan mitra asal Amerika. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0