Telkomsel Pantau Pemudik via Facebook & Twitter

Telkomsel Lebaran 2015
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah saat melakukan peninjauan COMBAT di Posko Mudik rest area KM 57. (tsel)

JAKARTA – Lebaran tinggal dua hari lagi, kesibukan arus mudik mulai terlihat dimana-dimana. Menghadapi semakin meningkatnya arus mudik di sejumlah wilayah, Telkomsel menyiapkan sejumlah posko layanan mudik, termasuk pelayanan di channel digital baik akun Facebook atau Twitter.

Telkomsel mengidentifikasi sebanyak 781 titik layanan PREMIUM (Public Service, Religion Areas, Mall & Indoor Center, Uniqueness Areas, dan Massive Areas) yang meliputi bandara, stasiun kereta api, tempat ibadah, mall tempat wisata dan pusat keramaian lainnya. Pada titik-titik tersebut, Telkomsel akan memaksimalkan layanan yang diberikan, khususnya layanan data.

Untuk memastikan pelanggan mendapatkan akses pelayanan dengan mudah, Telkomsel menggelar layanan siaga di 128 GraPARI dan 392 Mobile GraPARI, 267 branch office, dan 5 Call Center dengan pelayanan 24 jam 7 hari seminggu, serta pelayanan di channel digital baik akun Facebook atau Twitter.

Adapun pemantauan trafik dan pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat selama masa puncak mudik Lebaran dilakukan sepanjang 24 jam secara terpusat melalui Telkomsel Network Operation Centre (NOC) di Jakarta. NOC akan melakukan fungsi monitoring secara real time, sehingga semua masalah dapat segera diatasi.

Sebelumnya Telkomsel telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar. Hal ini meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center), HLR (Home Location Register).

Kapasitas VLR di tahun ini ditingkatkan menjadi 218 juta, sedangkan HLR sebesar 330 juta subscribers. Kapasitas SMS yang disiapkan sebesar 106.493 SMS/detik dengan kapasitas volume trafik 2,39 milyar SMS, dan untuk kapasitas MMS menjadi 200 MMS per detik atau setara dengan 4,32 juta MMS per hari.

Untuk kapasitas layanan data,  jaringan Telkomsel telah memiliki lebih dari 97.000 BTS (Base Transceiver Station), baik 2G, 3G dan 4G dimana sebanyak lebih dari 50% diantaranya merupakan BTS 3G (Node-B) ditambah dengan 1.110 BTS 4G (eNode-B), yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 427 Gbps (Giga bit per second).

Khusus untuk Lebaran tahun ini, Telkomsel membangun 59 BTS baru, upgrade 806 BTS dan 63 BSC/RNC, serta menyiagakan 62 COMBAT (Compact Mobile Base Transceiver) di tempat-tempat keramaian dengan arus komunikasi yang padat.

Sebelumnya Telkomsel juga telah melakukan ‘Network Drive Test’ atau  uji coba jaringan sepanjang 10.000 km di berbagai jalur mudik utama di Indonesia yang meliputi jalur darat, jalur laut dan berbagai lokasi wisata di beberapa wilayah. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI