Telkom dan Huawei Bangun Jaringan di Pulau Karantina Corona

Telset.id, Jakarta – Telkom dan Huawei membangun infrastruktur jaringan di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. Tujuannya untuk memberikan layanan telekomunikasi bagi pasien penghuni Pulau Karantina terduga Virus Corona tersebut.

Kolaborasi ini bermula ketika pada tanggal 26 Februari 2020, Telkom Indonesia mengirim permintaan kepada Huawei Indonesia. Telkom meminta agar perusahaan asal Tiongkok itu untuk menyediakan dua IP Microwave Link di Kepulauan Seribu. Permintaan tersebut diajukan bersama dengan surat resmi dari TNI Angkatan Laut Indonesia ke pihak Telkom Indonesia.

TNI menulis bahwa mereka membutuhkan infrastruktur telekomunikasi untuk mendukung langkah Pemerintah Indonesia dalam melakukan karantina terhadap 260 Warga Negara Indonesia terkait isu virus Corona di kapal pesiar Princess Diamond dan World Dream.

{Baca juga: Jokowi Pastikan Dua Orang di Indonesia Terinfeksi Virus Corona}

Telkom dan Huawei pun bergerak cepat. Kedua perusahaan mengerahkan 20 tenaga kerja untuk membangun jaringan di pulau tersebut.

Berdasarkan keterangan yang diterima Tim Telset.id pada Sabtu (07/03/2020), baik Telkom maupun Huawei bekerja selama 5 hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 24.00 WIB. Keduanya juga mendapat bantuan dari Kapal Milik TNI Angkatan Laut untuk pengiriman material yang diperlukan di lokasi.

Pada 29 Februari 2020, tepatnya pukul 16.00 WIB, hop pertama berhasil on-air, dan pada 1 Maret 2020 (pukul 17.00 WIB), giliran hop kedua berhasil on-air. Indikator kerja yang ditentukan oleh TNI Angkatan Laut berhasil dipenuhi oleh Huawei dan Telkom Indonesia.

Telkom menyampaikan apreasiasi yang tinggi kepada tim Huawei yang dengan profesionalisme tinggi dan keahlian yang mumpuni berhasil mendukung penyelesaian implementasi ini dengan baik.

“Telkom berharap tim Huawei terus mempertahankan serta memperkuat profesionalitasnya, dan terus memberikan dukungan kepada Telkom di masa-masa mendatang,” tulis keterangan tersebut.

{Baca juga: Daftar 10 Hoaks Penyebaran Virus Corona di Indonesia}

Terkait virus Corona yang saat ini tengah melanda dunia, diketahui setidaknya 91 negara telah terjangkit virus ini. Indonesia sendiri, hingga berita ini diturunkan, 4 orang sudah dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona. Keempat orang tersebut hingga kini masih berada di ruang isolasi Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta. [NM/IF]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -