XL: Tahun Ini akan Jadi Mudik Digital

Foto: Faisal/Telset.id

Telset.id, Bali – Sebentar lagi masyarakat Indonesia akan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, dan setelahnya akan melakukan “ritual tahunan” mudik Lebaran ke kampung halaman. Yang menarik, tahun ini disebut akan jadi mudik digital. Apa maksudnya?

Setiap tahun, tepatnya di hari raya Lebaran, ada tradisi masyarakat Indonesia yang selalu dijalani, yakni mudik ke daerah asalnya untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Pihak XL mengatakan, di tahun ini tradisi mudik yang dijalani akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“2017 akan jadi tahun mudik digital,” kata Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, di Acara Media Gathering 2017 di Bali, Senin (08/05/2017).

Ia menjelaskan, yang dimaksud dengan mudik digital itu merupakan pergeseran perilaku masyarakat yang hampir semua kebutuhan mudik mereka serba digital, seperti memesan tiket pesawat, kereta, hotel, dan lainnya secara online.

“Sekarang orang memesan tiket pesawat, kereta dan bahkan hotel sudah serba online,” ucapnya.

Lebih jauh Yessie mengungkapkan, tak cuma soal pesan tiket atau check-in saja, segala hal atau momen pun nanti akan dibagikan di berbagai media sosial yang masyarakat Indonesia kenal. Karenanya, pada mudik digital 2017 nanti diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik data pada lebaran di tahun ini.

“Kami perkirakan, lebaran tahun ini akan terjadi lonjakan trafik sekitar 20 sampai 30 persen, terutama di wilayah jalur mudik,” tutup Yesssie. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here