telset

Wow! Nilai Apple Hampir Capai 1 Triliun Dollar AS

Telset.id, JakartaNilai Apple akhirnya mendekati angka USD 1 triliun atau mencapai Rp 13.938 triliun karena tren kenaikan harga saham perusahaan sektor teknologi belakangan ini. Tak hanya Apple, lima raksasa teknologi lain seperti Amazon, Alphabet (induk perusahaan Google), Microsoft dan Facebook juga menikmati buah manis kenaikan sahamnya.

Menurut ZDnet.com, Senin (11/6/2018), saat ini harga saham Apple mencapai USD 191,70, atau menembus Rp 2,6 juta. Dengan demikian, nilai perusahaan besutan Tim Cook ini mencapai USD 950 miliar atau Rp 13.242 triliun, kurang sekitar Rp 600 triliun lagi hingga menembus nilai USD 1 triliun.

Dengan tren yang ada, raksasa teknologi Amerika ini diprediksi hanya membutuhkan beberapa hari atau minggu sampai mencapai nilai tersebut. Saham Apple telah meningkat nilainya sebesar 32 persen selama setahun terakhir.

Namun, ini masih jauh dibanding nilai saham Amazon yang melesat 75 persen dan Microsoft sebesar 46 persen, yang sebagian disokong karena keberhasilan mereka dalam komputasi awan.

Pencapaian fantastis yang diraih Apple ini mendapat apresiasi para sejawat dan sekaligus pesaingnya. Seperti CEO Amazon Jess Bezos dan CEO Microsoft Satya Nadella yang mengatakan terkesan atas kinerja saham Apple.

Baca juga: Saham Apple Cetak Rekor Tertinggi karena iPhone X

Apple telah mendapat lebih banyak kritik atas berbagai hal seperti harga iPhone X dan apakah penjualan produk itu cukup baik, penurunan umum dalam penjualan tablet, keberhasilan Apple Watch dan apakah mereka mengabaikan Mac.

Bahkan penjualan iPhone tumbuh 14,4 persen menjadi US$ 38 miliar atau mencapai Rp 529 triliun pada kuartal pertama tahun ini, sementara penjualan iPad naik 5,8 persen dan layanan seperti Apple Music, App Store, Apple Pay, iCloud dll melonjak 30,5 persen.

Apple juga telah didorong oleh Berkshire Hathaway – perusahaan milik Warren Buffett – untuk membeli 250 juta saham, yang menjadikannya holding terbesar Berkshire.

Mungkin nilai perusahaan Apple memiliki dampak psikologis bagi investor dan penggemar Apple mungkin merasa baik, terutama jika mereka ingat kapan perusahaan itu dijual dan atau diancam dengan penutupan. Ini tentu merupakan indikasi keberhasilan.

Baca juga: Apple Perusahaan Paling Dikagumi dan Berharga Sejagat

Perusahaan pengelola dana dan investasi Goldman Sachs memberikan nama FAAMG untuk Facebook, Amazon, Apple, Microsoft, dan Google sebagai perusahaan teknologi dengan kapitalisasi pasar terbesar.

Secara lengkap, posisi lima besar perusahaan teknologi, yakni Apple (USD 950 miliar), Amazon (USD 819 miliar), Alphabet (USD 780 miliar), (Microsoft USD 780 miliar) dan posisi kelima ditempati Facebook dengan nilai perusahaan USD 545 miliar. [WS/HBS]

Sumber: ZDNet

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0