Telset.id, Jakarta – Telkomsel membeberkan strategi perusahaan dalam menghadapi lonjakan trafik di momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI), 2022 atau 1443 hijriah.
VP Network Assitance, Security and Operations Center Telkomsel, Rahmat Novalianto memperkirakan akan terjadi peningkatan trafik layanan data di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022 sebesar 9,4% dibandingkan hari biasa.
Peningkatan trafik layanan data diikuti oleh trafik SMS yang tumbuh sekitar 4,1%. Sedangkan untuk trafik layanan panggilan suara akan mengalami penurunan sebesar 9,3%.
Baca juga: Telkomsel Mulai Upgrade Jaringan 3G ke 4G Secara Bertahap
“Prediksi kami itu bahwa trafik layanan data dibandingkan hari normal akan mengalami kenaikan sebesar 9,4%. Namun trafik layanan voice mengalami penurunan sebesar 9,3%,” ujar Rahmat.
Selain trafik layanan telekomunikasi, Telkomsel juga memprediksi mengenai trafik layanan media sosial, serta layanan komunikasi baik lewat aplikasi pesan singkat dan aplikasi video conference. Kedua layanan tersebut diramal akan melonjak 7,5% dan 21,3%.
Peningkatan juga terjadi untuk di layanan streaming video, layanan games dan layanan browsing yang naik sebesar 15,3%, 34,9% dan 17,9%.
Melalui konferensi pers pada Kamis (31/3/2022), pria yang juga menjabat sebagai Operation Commander RAFI 22 itu menjelaskan kalau kenaikan turut terjadi di layanan e-commerce atau aplikasi belanja online sekitar 18,4%.
“Di momen RAFI 2022 trafik aplikasi e-commerce meningkat 18,4% dan video meningkat 15,3% karena di momen tersebut banyak pelanggan berbelanja dan mengakses konten-konten video,” kata Rahmat.
Strategi Telkomsel Hadapi Lonjakan Trafik
Dalam mengantisipasi lonjakan trafik, Telkomsel akan memberikan layanan yang maksimal di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.
Ratusan POI tersebut mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan Covid-19, dan 56 area transit transportasi utama seperti bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan.
Termasuk juga 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya. Layanan yang maksimal turut diberikan di sepanjang jalur mudik sepanjang 15.371 km dan 64 ruas jalan tol.
Selain itu Telkomsel juga meningkatkan kapasitas 155 unit BTS 4G, melakukan penambahan sebanyak 284 unit BTS 4G baru dan mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) di seluruh wilayah POI RAFI 2022.
Baca juga: Trafik 4G dan 5G Telkomsel Melonjak Selama MotoGP Mandalika
“Peningkatan kapasitas dan jumlah unit BTS akan melengkapi total lebih dari 255.000 unit BTS Telkomsel yang sebagian besar telah didukung teknologi 4G dan menjangkau 96% wilayah populasi di Indonesia,” jelas Rahmat.
Terakhir 1350 karyawan Telkomsel dan lebih dari 700 karyawan dari mitra, akan dikerahkan untuk menjaga kualitas jaringan selama momen Ramadan dan Idul Fitri 2022. [NM/HBS]