Top 10 Produsen Smartphone Global Q2 2024: Samsung Tetap Terdepan

Menurut laporan terbaru dari Omdia, pengiriman smartphone global terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun (YoY). Omdia mengungkapkan bahwa pengiriman smartphone global mencapai total 290,3 juta unit pada kuartal kedua (Q2) tahun 2024. Angka ini menunjukkan pertumbuhan sebesar 9,3% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, meskipun terjadi penurunan sebesar 3,2% dibandingkan dengan Q1 2024. Penurunan ini menandakan adanya “stabilisasi di industri setelah pertumbuhan signifikan dan penurunan berikutnya dalam beberapa tahun terakhir.”

Omdia juga merilis daftar top 10 produsen smartphone teratas pada Q2 2024. Semua perusahaan dalam daftar ini mengalami pertumbuhan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Produsen yang mencatat pertumbuhan terbesar termasuk Huawei, Motorola, Xiaomi, dan Realme. Huawei mencatat peningkatan pengiriman lebih dari 50%, sementara Motorola, Xiaomi, dan Realme masing-masing meningkat lebih dari 20% dibandingkan Q2 2023.

Tidak mengherankan, Samsung menduduki peringkat pertama dalam daftar ini. Samsung mengirimkan 53,7 juta ponsel, tumbuh 0,7% YoY. Apple berada di peringkat kedua dengan 45,6 juta perangkat yang dikirimkan dan mencatat tingkat pertumbuhan sebesar 5,6%. Xiaomi berada di peringkat ketiga dengan 42,3 juta ponsel yang dikirimkan, tumbuh 27,4% dibandingkan Q2 2023.

Vivo menempati peringkat keempat dengan 26 juta perangkat yang dikirimkan, mengalami pertumbuhan sebesar 16,6%. Transsion (TECNO + Infinix + Itel) berada di peringkat kelima dengan 25,5 juta perangkat yang dikirimkan, naik 4,1% YoY. OPPO Group (OPPO + OnePlus) mengirimkan 25,2 juta ponsel dan tumbuh sebesar 1%. HONOR berada di peringkat ketujuh dengan 15,5 juta perangkat yang dikirimkan, mencatat peningkatan pengiriman sebesar 9,9%.

Di daftar top 10 smartphone, Motorola berhasil menduduki peringkat kedelapan dengan 13,5 juta perangkat yang dikirimkan, tumbuh sebesar 29,2% dibandingkan Q2 2023. Realme berada di peringkat kesembilan dengan 12,3 juta perangkat yang dikirimkan, mencapai pertumbuhan pengiriman sebesar 21,8%. Huawei, meskipun berada di peringkat kesepuluh, menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengiriman. Huawei menjual 11,7 juta smartphone dan tumbuh sebesar 58,1% YoY. Ini menandai tahun yang luar biasa bagi Huawei dalam hal pertumbuhan pengiriman.

Omdia Q2 2024

Sisa perusahaan lainnya mengirimkan 19 juta perangkat dan secara kolektif mengalami penurunan sebesar 13,9% dibandingkan Q2 2023. Meskipun demikian, pasar smartphone global menunjukkan tanda-tanda stabilisasi setelah mengalami berbagai fluktuasi dalam beberapa tahun terakhir.

Laporan dari Omdia menunjukkan bahwa meskipun ada penurunan kecil dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, pasar smartphone global secara keseluruhan terus tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan yang ditunjukkan oleh produsen seperti Huawei dan Motorola menunjukkan bahwa persaingan di pasar ini semakin ketat dan dinamis. Dengan demikian, para konsumen dapat mengharapkan inovasi dan peningkatan kualitas dari para produsen smartphone yang terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar yang selalu berubah.

13 KOMENTAR

  1. The most recent report on global smartphone manufacturers’ top brands for Q2 2024 places Samsung at the frontline in the market, evidencing the consistency of the company in innovation and sales. However, for students seeking help in the area of Law Dissertation Help UK, it will be important to remain focused on a resource that will assist in negotiating difficult legal issues accordingly.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI