Tokopedia dan Kominfo Gelar DEA, Pelatihan Digital untuk UMKM

Telset.id, Jakarta – Tokopedia bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar Digital Entrepreneurship Academy (DEA) 2020. Program pelatihan digital ini ditujukan untuk pegiat usaha lokal, khususnya UMKM.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kominfo, Basuki Iskandar menjelaskan bahwa transformasi ekonomi Indonesia berjalan pesat beberapa tahun terakhir. Program pelatihan digital ini diharapkan dapat mendorong transformasi ekonomi di Indonesia.

{Baca juga: Hari Batik Nasional, Penjualan Masker Batik di Tokopedia Meningkat}

“Targetnya untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi global pada 2030, maka Indonesia harus berfokus pada teknologi dan digitalisasi. Tokopedia dapat mengakselerasi perwujudan visi dan misi Indonesia untuk menjadi poros kekuatan dunia,” kata Iskandar.

Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengaku senang atas kolaborasi antara Tokopedia dan Kominfo untuk menggelar pelatihan digital kepada pelaku UMKM di Indonesia.

Alasannya karena program pelatihan ini sejalan dengan komitmen Tokopedia melakukan akselerasi teknologi digital kepada pelaku UMKM khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

“Tokopedia terus berinovasi dan berkolaborasi bersama para mitra strategis demi mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pegiat usaha di Indonesia, khususnya selama pandemi,” tutur Astri.

“Tokopedia juga sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan pemerintah melalui program DEA. Upaya bersama ini sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam membantu UMKM tetap beroperasi walau di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi,” tambah Asri.

Pendaftaran DEA dibuka hingga 25 Oktober 2020. Rencananya pelatihan akan berlangsung mulai dari 2 November 2020 hingga 13 November 2020 dan bertemakan tentang mengembangkan bisnis online sesuai kebutuhan pasar.

{Baca juga: Tokopedia Bantu Warung Tradisional Hadapi Covid-19}

Berdasarkan keterangan resmi pada Senin (19/10/2020) materi pelatihan mencakup strategi sukses bisnis online di marketplace, pemasaran digital 101 dan tips membangun brand yang kuat.

Berbagai materi edukasi ini akan disampaikan melalui serangkaian aktivitas virtual, termasuk webinar, belajar mandiri dan kelas di aplikasi pesan yang dipandu Tokopedia. Masyarakat yang telah mengikuti seluruh rangkaian pelatihan bisa mendapatkan sertifikat. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI