Tokopedia Bantu Warung Tradisional Hadapi Covid-19

Warung Tokopedia Covid-19

Telset.id, Jakarta – Tokopedia bantu warung tradisional untuk menghadapi pandemi Covid-19. Alasannya, karena warung tradisional adalah garda terdepan untuk memulihkan perekonomian masyarakat.

“Tokopedia percaya bahwa para pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis juga merupakan garda depan dalam melawan pandemi,” kata AVP of New Retail Tokopedia, Adi Putra.

Berbagai upaya dilakukan Tokopedia untuk membantu mitranya. Misalnya melalui aplikasi Mitra Tokopedia, pemilik warung tradisional dan mitra lainnya bisa membeli stok untuk toko offline-nya dengan lebih mudah dan efisien melalui smartphone.

Hal ini membuat warung tetap beroperasi dan melakukan physical distancing karena tidak perlu membeli stok barang ke pasar.

{Baca juga: Asyik! Akses Aplikasi Tokopedia Bebas Kuota Internet}

Selain itu Tokopedia juga memudahkan warung tradisional untuk menjual produk kesehatan seperti masker dan vitamin.

Tokopedia telah melakukan kerja sama dengan produsen masker dan vitamin di Indonesia sehingga mitra warung bisa membeli stok masker dan vitamin dengan mudah melalui Tokopedia.

“Kerja sama Tokopedia dengan sejumlah produsen masker membuat para pemilik warung bisa mendapatkan masker dengan harga terjangkau untuk diperjualbelikan. Warung bisa membantu mengatasi kelangkaan masker yang terjadi,” tambahnya.

E-commerce unicorn tersebut juga memberikan edukasi untuk para pemilik warung dan pelaku usaha tradisional untuk mengikuti protokol kesehatan, seperti menjaga jarak aman, serta menggunakan masker selama berjualan.

“Kami juga mendorong para pemilik warung lebih menggunakan sistem pembayaran non tunai untuk mengurangi penyebaran virus,” ujar Adi.

Terakhir mereka bisa memanfaatkan fitur Donasi untuk memfasilitasi pengumpulan dana bantuan bagi masyarakat yang terdampak pandemi.

{Baca juga: Bareskrim Polri Selidiki Kasus Kebocoran Data Tokopedia}

Donasi bisa dilakukan melalui program Poin Hadiah dimana setiap poin yang terkumpul dari hasil transaksi dapat dikonversi menjadi donasi selama periode tertentu.

Mitra Tokopedia

Pergeseran pola belanja dari offline ke online karena adanya pandemi membuka peluang besar bagi para pelaku usaha tradisional untuk meningkatkan pendapatan.

Pasalnya, kini melalui aplikasi Mitra Tokopedia, pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis bisa menjadi titik pembayaran belanja online Tokopedia sambil memperoleh
penghasilan tambahan dari setiap transaksi pembayaran.

Tokopedia baru-baru ini telah menghadirkan fitur pembayaran Tagihan Tokopedia di aplikasi Mitra Tokopedia.

Pelaku ritel  yang memanfaatkan fitur ini bisa menjadikan warung atau tokonya sebagai titik pembayaran Tokopedia untuk berbagai kebutuhan masyarakat.

Caranya juga sangat mudah. Pembeli cukup memilih metode pembayaran Mitra Tokopedia ketika menyelesaikan transaksi, lalu melakukan pembayaran di warung atau toko kelontong terdekat yang sudah bergabung menjadi Mitra Tokopedia.

{Baca juga: Hacker Bagikan 91 Juta Data Pengguna Tokopedia di Internet}

“Dengan bertambahnya pilihan metode pembayaran ini diharapkan semakin
banyak masyarakat yang bisa merasakan kemudahan bertransaksi online untuk pertama kalinya,” ucap Adi.

Berdasarkan keterangan resmi pada Rabu (15/07/2020) pelaku usaha tradisional  bisa meningkatkan pendapatan dengan memfasilitasi penjualan berbagai produk digital, seperti pulsa, paket data, voucher game, pembayaran tagihan listrik, air, BPJS dan lainnya.

Pada masa pandemi Covid-19 kehadiran Mitra Tokopedia mendapat respon positif dari pengguna. Dampaknya jumlah transaksi mitra terus meningkat dibandingkan periode sebelumnya sehingga mereka dapat bertahan di masa pandemi seperti ini.

{Baca juga: Kominfo dan BSSN akan Evaluasi Keamanan Tokopedia}

“Jumlah transaksi produk digital melalui Mitra Tokopedia mengalami kenaikan signifikan selama periode pandemi dibandingkan periode sebelumnya,” tutup Adi. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here