Tinjau Kondisi Jaringan Komunikasi, Rudiantara Terbang ke Palu

Telset.id, Jakarta –¬†Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengunjungi Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah untuk meninjau langsung kondisi jaringan telekomunikasi pasca gempa di daerah terdampak.

Sebelumnya Tim Kominfo telah melakukan pemantauan kondisi jaringan telekomunikasi di wilayah Donggala, Palu dan sekitarnya sejak Sabtu (29/9/2018).

“Pemerintah telah melakukan respons cepat dengan pengiriman tim tanggap darurat dan evakuasi korban bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah,” ucap Plt, Kabiro Humas Kominfo Ferdinandus Setu.

Baca juga: Pasca Gempa, Layanan Telkomsel Pulih di Donggala

Di lokasi telah ditemukan  sebanyak 431 dari 3007 BTS di Sulawesi Tengah atau 14,33% tidak berfungsi karena terhentinya pasokan listrik.

Selain itu ada beberapa link jaringan telekomunikasi dari Palu ke Santigi, ke Mamuju dan ke Poso terputus akibat gempabumi.

Melalui siara pers, Kominfo mengatakan jika panggilan melalui beberapa operator telekomunikasi sulit dilakukan ke Palu karena semua koneksi IPBB putus, hanya radio link 150 Mbps yg masih terhubung.

Proses pemulihan jaringan telekomunikasi di beberapa lokasi menurut pihak Kominfo masih terkendala proses koordinasi dan adanya dampak tsunami yang terjadi.

Namun demikian, operator telekomunikasi telah melakukan mobilisasi radop pengganti dan pengiriman tim untuk melakukan pemulihan langsung di BTS yang tidak berfungsi.

Baca juga: Telkomsel Kirim Team Siaga Bencana TERRA ke Palu

Untuk akses operator telekomunikasi caranya dengan melakukan reroute jaringan dengan mengoptimasikan segmen transmisi (optimalization transmission segment) Palu-Gorontalo.

Jaringan operator telekomunikasi yang bisa digunakan telah memberikan layanan panggilan gratis dari Palu dan sekitarnya untuk ke semua operator. Hal itu sebagai bagian dari upaya dukungan komunikasi untuk koordinasi penanganan bencana gempa.

Sebelumnya telah terjadi gempa berkekuatan 7,7 Skala richer (SR) mengguncang Kabupaten Donggala dan Kota Palu Sulawesi Tengah pada Jumat lalu (28/9). Tak hanya gempa, tsunami juga menerjang yang mengakibatkan kerusakan infrastruktur dan korban jiwa melayang. [NM/HBS]

Sumber: Kominfo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here