Telkomsel dan ZTE akan Uji Coba Jaringan 5G di Laut Indonesia

Telset.id, Jakarta – Telkomsel bersama ZTE Corporation berencana untuk menguji peningkatan kapabilitas jaringan 5G berbasis pita frekuensi 2.3 GHz, yang dapat meningkatkan jangkauan layanan broadband untuk kawasan maritim atau laut Indonesia.

Kerja sama strategis ini dipresentasikan bersamaan dengan perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona pada Selasa (27/02/2023) lalu.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan kalau dengan jaringan 5G, perusahaan ingin mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional khususnya sektor perikanan dan wisata bahari.

“Dengan berkolaborasi secara strategis bersama para pelaku lintas industri seperti ZTE, Telkomsel dapat mendorong realisasi peta jalan transformasi digital nasional melalui pemanfaatan teknologi 5G yang inovatif,” kata Nugroho.

Berdasarkan keterangan resmi pada Rabu (01/03/2023), uji coba ini dilaksanakan di Provinsi Gorontalo, salah satu wilayah dengan potensi kelautan terbesar di Indonesia yang memiliki garis pantai sepanjang 903,7 Km, di mana sektor maritim menjadi salah satu andalan bagi perekonomian daerah.

BACA JUGA:

Data dari Dinas Kelautan dan Perikanan menyebutkan bahwa pada tahun 2019 terdapat 19.013 nelayan yang menggantungkan hidupnya di laut. Oleh karenanya ketersediaan infrastruktur jaringan komunikasi dan akses internet menjadi salah satu kebutuhan penting guna mendukung pertumbuhan dan percepatan perekonomian berbasis digital.

“Kami harap kolaborasi pengujian ketersediaan layanan broadband 5G, yang kali ini difokuskan pada sektor kemaritiman, dapat semakin membuka peluang akses telekomunikasi digital yang lebih baik, sekaligus mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital di Wilayah Gorontalo secara lebih inklusif dan berkelanjutan,” harap Nugroho.

Dalam kolaborasi ini, solusi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas dan cakupan jaringan broadband di wilayah maritim Indonesia adalah perangkat radio 5G dari ZTE dengan teknologi active antenna yang dapat menjangkau hingga radius 60 Km.

BACA JUGA:

Telkomsel berupaya mempercepat laju transformasi digital nasional dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia pada berbagai sektor.

Perluasan cakupan 5G di wilayah maritim Indonesia diharapkan dapat mendukung lebih banyak aktivitas ekonomi, seperti pelayaran, perikanan, dan pariwisata. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI