Natal 2020, Trafik Layanan Data Telkomsel Melonjak 7,77%

Telset.id, Jakarta – Telkomsel mencatat kenaikan trafik payload data di momen Natal 2020. Pada Natal tahun ini trafik payload mengalami kenaikan sebesar 7,77% dibandingkan hari biasa atau naik 45,98% dibandingkan momen Natal 2019 lalu. 

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Selasa (29/12/2020) VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menjelaskan bahwa terjadi kenaikan trafik payload data pada Natal tahun 2020 ini.

“Telkomsel mencatat adanya peningkatan aktivitas masyarakat untuk layanan data dengan kenaikan payload sebesar 7,77% dibandingkan hari biasa, atau tumbuh sekitar 45,98% dibandingkan momen Natal tahun sebelumnya,” kata Denny. 

Denny juga mengatakan terkait wilayah mana saja yang mengalami lonjakan trafik payload data selama perayaan Natal. Hasilnya terdapat lima wilayah yang mengalami lonjakan trafik yang tersebar di Jawa, Sumatra dan Sulawesi. 

{Baca juga: 1.111 BTS USO Telkomsel di Wilayah 3T Dukung 4G LTE}

“Adapun lima wilayah provinsi yang mengalami lonjakan trafik payload data tertinggi yaitu Jawa Tengah, Sumatra Utara, Jawa Timur, Sulawesi, dan Sumatra Selatan,” tutur Denny. 

Untuk payload layanan data lonjakan trafik didorong dengan peningkatan beberapa layanan akses. Peningkatan terjadi pada layanan browsing yang naik hingga 14,4% kemudian disusul layanan streaming video yang naik hingga 9,12%. 

Kenaikan juga terjadi pada layanan media sosial sebesar 7,85%, layanan pesan singkat dan video conference hingga 6,26% dan juga untuk layanan aplikasi atau situs media online yang naik sebesar 4,61%.

Disisi lain layanan game, e-commerce, layanan voice dan SMS  mengalami penurunan trafik hingga 10,16%. 

“Sedangkan untuk layanan mobile gaming sedikit turun sekitar 1,2%, dan juga akses layanan e-commerce turun sebesar 5,03%. Untuk trafik komunikasi layanan voice turun sebesar 8,6 % dan SMS sebesar 10,16% dibanding hari biasa,” jelas Denny. 

Strategi Telkomsel Hadapi Tahu Baru 

Selama periode momen perayaan Hari Raya Natal 2020 hingga Tahun Baru 2021 (Nataru), Telkomsel telah mengambil sejumlah langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan khususnya pada konektivitas broadband

Misalnya Telkomsel telah menetapkan 550 point of interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia. Telkomsel juga telah mengoperasikan tambahan 587 BTS 4G LTE baru, dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT). 

Strategi Telkomsel untuk menghadapi lonjakan trafik di momen Natal dan Tahun Baru 2021 (Foto: Telkomsel)

Telkomsel juga  menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps untuk menjamin kelancaran akses layanan data bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

{Baca juga: Telkomsel Sabet Tiga Gelar Indonesia Customer Experience Awards 2020}

Kegiatan pengamanan dan peningkatan kualitas jaringan broadband, yang didukung dengan hadirnya program loyalitas serta promo produk digital unggulan, hingga aktivitas berbagi untuk sesama melalui program tanggung jawab sosial perusahaan. 

Berbagai upaya tersebut dilakukan Telkomsel untuk menemani masyarakat dengan semangat serta optimisme yang positif khususnya dalam menyongsong tahun yang baru.

Sebelumnya pada tanggal 25 Desember 2020 umat kristiani memperingati Hari Natal dengan khidmat. Demi mencegah penularan Covid-19, banyak dari mereka merayakan Natal secara virtual sehingga tidak heran mengapa trafik data mengalami kenaikan. [NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -