Telkomsel Bawa Teknologi 5G ke Tambang Bawah Tanah Freeport

Telset.id, Jakarta – Telkomsel dan PT Freeport Indonesia (PTFI) berkolaborasi untuk menghadirkan teknologi 5G tepatnya teknologi 5G Underground Smart Mining, di area tambang bawah tanah Freeport.

Menurut Menteri BUMN RI Erick Thohir Teknologi 5G Underground Smart Mining dari Telkomsel, akan mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh untuk meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas Freeport Indonesia.

“Kalau kita lihat dari kajian Deloitt Internasional di tahun 2021 penerapan 5G Mining bisa meningkatkan produktivitas sampai 25%, biaya operasional khususnya pengeboran turun sampai 40% dan penghematan energi sampai 20%,” ujar Erick.

Selain itu Erick yakin kalau teknologi 5G bisa mendukung industri pertambangan di Indonesia supaya lebih produktif dan aman.

“Saya yakin, terobosan pemanfaatan 5G Underground Smart Mining yang didukung Telkomsel ini dapat digunakan lebih luas lagi di ekosistem industri pertambangan Indonesia,” tutur Erick.

Pernyataan serupa turut dikatakan oleh Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam. Kehadiran teknologi ini sejalan dengan Telkomsel yang ingin membawa teknologi 5G ke berbagai sektor industri salah satunya pertambangan.

“Telkomsel meyakini, penerapan teknologi jaringan broadband terdepan 5G akan semakin memberikan manfaat dan nilai lebih, terutama dalam mendukung transformasi sektor pertambangan,” jelas Erick.

BACA JUGA:

Penerapan Teknologi 5G Underground Smart Mining 

5G Underground Smart Mining Telkomsel Freeport

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Jumat (2/9/2022), implementasi Teknologi 5G Underground Smart Mining dari Telkomsel, dilakukan melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise.

Teknologi 5G Telkomsel ini memungkinkan Freeport Indonesia memonitor dan mencegah risiko kecelakaan kerja melalui optimalisasi penggunaan kamera, yang terhubung dengan kecerdasan buatan.

BACA JUGA:

Lebih jauh lagi, jaringan terkoneksi kombinasi dari Telkomsel Private Network dan Edge Computing, dapat menyediakan lebih banyak pemanfaatan kecerdasan buatan untuk perusahaan dalam penerapan Smart Mining yang lebih optimal.

Telkomsel Freeport 5G Underground Mining

Penerapan teknologi 5G Underground Smart Mining dari Telkomsel di tambang bawah tanah Freeport juga telah melalui tahap pembuktian dan pengujian jaringan.

Lalu Telkomsel mengerahkan 6 unit BTS 5G yang menjangkau lokasi pertambangan PTFI di wilayah Tembagapura, termasuk area tambang bawah tanah supaya teknologi bisa beroperasi dengan maksimal. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0