Telkomsel Pimpin Seleksi Pengguna Frekuensi Jaringan 5G

Telset.id, Jakarta – Tim seleksi Kementerian Kominfo telah mengumumkan operator yang lolos dalam tahap seleksi administrasi pengguna pita frekuensi 2,3 GHz tahun 2021. Hasilnya, Telkomsel memimpin proses seleksi pengguna jaringan 5G tersebut.

Dilansir Telset dari laman resmi Kominfo pada Jumat (16/04/2021), pendaftaran dan pengambilan dokumen seleksi dilakukan oleh 5 operator seluler pada Rabu (17/03/2021).

Berdasarkan waktu pengambilan dokumen seleksi operator yang mengambil dokumen PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel berada di urutan pertama. Telkomsel menjadi yang tercepat dalam proses pengambilan dokumen terkait seleksi jaringan 5G tersebut.

{Baca juga: Ada Larangan Mudik, Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik Internet}

Telkomsel berhasil mengalahkan perusahaan telekomunikasi lain seperti PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo), PT Smart Telecom (Smartfren), PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) dan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata).

Selanjutnya pada  pada hari Rabu (14/04/2021), Kominfo menerima dokumen permohonan dari 3 calon peserta seleksi.

Masih berdasarkan urutan waktu penyerahan dokumen, Telkomsel kembali memimpin proses seleksi pengguna frekuensi jaringan 5G. Perusahaan plat merah tersebut berhasil mengalahkan 2 perusahaan lain seperti XL Axiata dan Smartfren.

Pada hari yang sama pula, tim seleksi Kominfo telah melaksanakan pemeriksaan kelengkapan dokumen permohonan seleksi pengguna pita frekuensi jaringan 5G yang dihadiri oleh perwakilan peserta seleksi sebagai saksi.

{Baca juga: Tim Siaga Telkomsel Dikerahkan untuk Pulihkan Jaringan di NTT}

Selang sehari kemudian tim seleksi melakukan verifikasi dokumen administrasi. Tujuannya untuk menentukan peserta seleksi yang lulus evaluasi administrasi seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk penyelenggaraan paringan bergerak seluler tahun 2021.

Hasilnya Telkomsel, XL Axiata dan Smarftren dinyatakan lulus seleksi evaluasi administrasi dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya.

Seleksi Jaringan 5G Telkomsel Kominfo
Peserta Seleksi yang lulus Evaluasi Administrasi Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2021 (Foto : Kominfo)

Telkomsel akan Mengikuti Lelang Harga 

Sesuai ketentuan angka 4.8.3 dalam dokumen seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz peserta seleksi yang lulus tahapan evaluasi administrasi akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tahapan lelang harga.

Tahapan lelang harga dimaksud akan dimulai pada hari Senin tanggal 19 April 2021.Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, maka masing-masing perwakilan dari peserta seleksi yang akan menghadiri pelaksanaan lelang harga dihimbau untuk melakukan tes swab mandiri.

{Baca juga: Kominfo Kembali Buka Seleksi Pengguna Frekuensi 2,3 GHz}

Patut ditunggu bagaimana kiprah Telkomsel, XL Axiata dan Smartfren dalam proses lelang harga. Diharapkan proses tersebut bisa berjalan dengan lancar sehingga jaringan 5G bisa segera hadir di Indonesia. [NM/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -