Telkomsel Jaring Potensi Anak Muda Bogor

Telset.id, Bogor –  Tahun ini Telkomsel kembali mengggelar roadshow The NextDev 2016 di beberapa kota. Bogor merupakan kota ke-7 penyelenggaraan roadshow The NextDev 2016, setelah sebelumnya menyambangi kota Yogyakarta, Surabaya, Malang, Banyuwangi dan Denpasar.

“Kami ingin bertatap muka dengan generasi muda Indonesia, sekaligus mengajak mereka turut berkontribusi secara aktif memanfaatkan teknologi yang memberikan dampak sosial positif,” kata General Manager Youth & Community Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Ricky E Panggabean

Lewat acara ini, diharapkan akan lebih banyak lagi anak muda berpotensi yang tergerak untuk mewujudkan konsep Smart City di Indonesia, terutama pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang lebih baik.

Bogor merupakan kota ke-tujuh yang mendapat kesempatan merasakan penyelenggaraan Roadshow The NextDev 2016. Acara ini digelar pada tanggal 4 Agustus 2016 kemarin di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Acara ini diisi sejumlah agenda menarik seperti ‘Startup Talk’ dimana peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai pengembangan startup dari pembicara ternama dari industri kreatif digital Indonesia. Salah satu pembicaranya adalah Andreas Senjaya, CEO iGrow.

Selain itu, ada juga ‘Sharing Session’ bersama finalis The Next Dev 2015, serta ‘Rocket Pitching’ dimana para peserta berkesempatan untuk mempresentasikan produk startup-nya selama 3 menit.  Tidak hanya itu, peserta juga akan mendapatkan e-certificate.

Roadshow The NextDev 2016 sendiri rencananya akan digelar sepanjang bulan Mei hingga September 2016 di 20 kota di Indonesia mulai dari Banda Aceh hingga Ambon.  Sebelum di Bogor, acara roadshow telah dimulai dari kota Yogyakarta, Surabaya, Malang, Banyuwangi serta Denpasar.

Selanjutnya akan dilaksanakan akan di kota lainnya seperti Bandung, Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Manado, Ambon, Gorontalo, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan dan Pontianak.

CEO iGrow Andreas Senjaya, menjadi salah satu pembicara acara Roadshoe program NextDev 2016 di Institut Pertanian Bogor (dok.telkomsel)
CEO iGrow Andreas Senjaya, menjadi salah satu pembicara acara Roadshow program NextDev 2016 di Institut Pertanian Bogor (dok.telkomsel)

Selepas roadshow, akan diadakan proses seleksi regional dan focus group discussion, hingga mendapatkan 20 tim finalis tingkat nasional. Para finalis akan memperoleh pelatihan dan pendampingan secara intensif pada saat bootcamp untuk mengembangkan technical maupun soft skills, mulai dari teknik melakukan coding, marketing skills, hingga communications skills.

“Untuk wilayah Jabotabek dan Jawa Barat, kami berharap akan banyak inovasi yang dapat memberikan solusi strategis, khususnya untuk menghadapi tantangan di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan Tangerang. Terlebih yang bisa mengkombinasikan keunggulan layanan 4G LTE,” ujar Ricky.

Tahun ini The NextDev hadir dengan konsep yang lebih menantang dengan tetap fokus pada pengembangan Smart City, dengan ruang lingkup yang lebih luas yaitu kategori pengembangan aplikasi untuk rural atau pedesaan.

Dalam kompetisi The NextDev 2016, terdapat sembilan sub tema yang memiliki fokus tersendiri sebagai dasar pengembangan solusi. Kesembilan sub tema yang bisa dipilih oleh peserta adalah agrikultur, kemaritiman, usaha kecil dan menengah (UKM), pemerintahan, energi, pariwisata, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.

Tiga tim terbaik akan mendapatkan berbagai hadiah menarik yang disebut dengan 6M, yakni Market Access (akses pasar), Marketing (publisitas), Mentoring (pelatihan dan pendampingan), Management Trip (study visit ke pelaku industri telekomunikasi di luar negeri), Money (uang tunai), dan Monetizing (peluang besar untuk memperoleh pendapatan melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait).[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI