Telkomsel Investasi di Gojek Senilai Rp 2,1 Triliun

Telkomsel Investasi di Gojek
Telkomsel investasi di Gojek (Foto: Telkomsel)

Telset.id, Jakarta  – Telkomsel akhirnya resmi mengumumkan investasi di Gojek senilai USD 150 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun. Investasi yang ditanamkan ini untuk memperkuat bisnis digital yang dikembangkan perusahaan pelat merah tersebut.

Dengan Telkomsel investasi di Gojek ini diklaim akan mendukung kedua perusahaan untuk bersinergi dalam mengakselerasi transformasi digital di Tanah Air.

{Baca juga: Telkomsel TMI Suntikan Dana Investasi untuk Kredivo}

Platform Gojek dan layanannya digunakan oleh jutaan konsumen dan mitra pengemudi, serta ratusan ribu mitra merchant di seluruh Asia Tenggara, sedangkan Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia dengan lebih dari 170 juta pelanggan.

Dikatakan, dalam kolaborasi Gojek dan Telkomsel ini akan memperkuat layanan digitalnya, mendorong inovasi dan produk baru, serta meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Kerja sama ini merupakan perluasan dari kolaborasi Gojek dan Telkomsel yang menawarkan paket data terjangkau kepada mitra driver Gojek sejak 2018.

Selain itu, kerja sama kedua perusahaan ini juga akan membuka berbagai peluang kolaborasi lainnya yang memanfaatkan skala gabungan dari kedua perusahaan untuk menjangkau jutaan masyarakat di seluruh Indonesia.

“Kerja sama ini akan menjangkau ratusan juta masyarakat Indonesia, termasuk konsumen, mitra driver dan mitra UMKM supaya ikut andil menikmati manfaat dari ekonomi digital,” kata Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek Group dalam keterangannya, Selasa (17/10/2020).

Ia menambahkan, ekonomi digital di Indonesia didorong oleh perkembangan perangkat seluler (mobile-first market), sehingga bila pemain terdepan di industri teknologi dan telekomunikasi berkolaborasi, bisa lebih terakselerasi ke tahapan yang lebih tinggi (leap frog).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, kolaborasi antara Telkomsel dan Gojek berawal dari visi yang sama dari kedua belah pihak, untuk mempertegas posisi pemain lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

“Kami percaya, kerja sama dengan Gojek dan ekosistemnya yang luas juga akan mengakselerasi transformasi Telkomsel sebagai digital telco company dan memperkuat konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang inklusif,” ujar Setyanto.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah mengatakan bahwa sebagai induk perusahaan Telkomsel, Telkom menyambut baik dan mendukung kolaborasi lintas sektor antara Gojek dan Telkomsel.

{Baca juga: Telkomsel Alihkan Kepemilikan 6.050 Menara ke Mitratel}

“Kami meyakini kolaborasi dengan Gojek ini akan memberikan potensi nilai tambah yang besar jika dilakukan dengan Telkomsel, terutama untuk meningkatkan keunggulan kompetitif Telkomsel dalam mengembangkan bisnis layanan digital,” kata Ririek.

Lebih jauh Ririek menegaskan bahwa kolaborasi ini juga sejalan dengan visi dan misi TelkomGroup untuk mengorkestrasi strategi penguatan synergy value yang sudah berjalan antara kedua perusahaan, dan memperkuat portofolio bisnis TelkomGroup. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here