Telkomsel Bantu Program Inkubasi Bisnis UMKM Lebah

Telset.id, Jakarta  – Telkomsel bekerja sama dengan The Local Enabler, komunitas social enterprise, menjalankan program pembinaan dan pendampingan bisnis inovatif UMKM lebah.

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Telkomsel melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), dalam merespon dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19.

Baca juga: Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Perguruan Tinggi, Kuota Murah

“Melalui program CSR ini, Telkomsel secara konsisten terus hadir memberikan manfaat kepada masyarakat,” kata Vice President Consumer Sales Jabotabek Jabar Telkomsel Tuty Rahma Afriza dalam keterangan pers yang diterima Telset.id, Minggu (26/7/2020).

Ia menambahkan, bahwa Telkomsel membantu para pelaku bisnis UMKM lebah untuk lebih agile, adaptif dan inovatif dalam mengembangkan ekosistem produksinya.

“Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, kebutuhan produk lebah seperti madu meningkat pesat. Ini merupakan potensi pasar yang sangat menjanjikan,” sebutnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa Telkomsel sangat mendukung program tersebut, apalagi saat ini perawatan ekosistem lebah sudah semakin maju dan mulai memanfaatkan teknologi IoT (internet of Things).

“Teknologi IoT akan dimanfaatkan untuk mengontrol kondisi koloni lebah yang dibudidaya,” jelas Tuty.

Program ini sendiri diikuti oleh 80 peserta se-Indonesia, dimana 40 diantaranya merupakan pelaku usaha atau yang mengembangkan ekosistem perlebahan di wilayah Jabotabek Jabar dan Banten.

Program kerjasama Telkomsel dan The Local Enabler ini digelar dari bulan Juli sampai September 2020. Nantinya sebanyak 80 peserta akan mendapatkan coaching setiap minggunya selama tujuh kali dan pendampingan oleh para ahli di bidangnya.

Berbagai materi dari mulai perancangan, pengelolaan  hingga peningkatan kapabilitas manajemen usaha di industri perlebahan ini diberikan kepada peserta.

Tujuan program inkubasi ini tentu tidak hanya faktor peningkatan ekonomi semata, tetapi juga di aspek konservasi alam, karena para petani lebah juga harus mampu menjaga dan melestarikan ekosistem alam dan habitat tempat lebah dibudidaya.

Tuty juga menambahkan bahwa produk dari lebah memiliki banyak sekali manfaat seperti untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Telkomsel Bagikan Paket Internet untuk Relawan Covid-19 Indonesia

Oleh karena itu pentingnya menjaga ekosistem lebah agar tetap dapat menghasilkan produk seperti madu, propolis, bee pollen dan lainnya dengan kualitas dan mutu yang terjamin.

Melalui program ini, menurut Tuy, Telkomsel berharap para pelaku bisnis UMKM lebah dapat lebih berkembang dan memanfaatkan beragam kemajuan teknologi.

“Kedepannya Telkomsel berharap dapat terus terlibat dalam memajukan beragam sektor UMKM di Indonesia,” imbuhnya. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI