Telkomsel Gratiskan Telpon dan SMS di Palu dan Donggala

Telset.id, Jakarta –  Pasca gempa yang melanda Donggal dan Palu pada akhir pekan lalu, membuat layanan telekomunikasi sempat terganggu. Untuk membantu korban bencana, Telkomsel memberikan kemudahan komunikasi dengan memberikan layanan gratis telpon dan SMS.

Telkomsel memberikan paket gratis untuk menelpon dan SMS ke semua operator selama 24 jam bagi seluruh pelanggan di wilayah bencana Sulawesi Selatan.

Menurut GM External Communication Telkomsel Denny Abidin pihaknya menilai jika komunikasi amat penting bagi pemulihan kondisi pasca gempa yang terjadi pada Jumat lalu (28/9).

“Kami menyadari bahwa layanan komunikasi sangat penting saat kondisi bencana seperti ini, khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi SAR, BNPB, TNI-Polri maupun update kondisi terkini wilayah bencana bagi pihak-pihak kepentingan,” ucap Denny melalui rilisnya pada Senin (01/10)

Baca huga: Pasca Gempa, Layanan Telkomsel Berangsur Pulih di Donggala

Paket tersebut dapat diaktifkan dengan menu UMB *888*20# atau SMS, dengan mengetik SULTENG dan kirim ke nomor 8999. Nantinya pelanggan akan mendapatkan 50 menit dan 200 SMS gratis ke seluruh operator dan paket ini berlaku selama seminggu.

Denny juga mengatakan bahwa jaringan telkomsel untuk nelpon dan SMS sudah normal kembali pasca gempa dan tsunami yang menerjang kemarin. Sedangkan untuk sinyal 4G pelan-pelan berangsur pulih.

“Untuk itu Telkomsel terus berupaya mendukung kelancaran penanggulangan bencana. Saat ini layanan komunikasi SMS dan suara sudah normal, demikian juga 4G juga sudah berangsur pulih di beberapa wilayah seperti di Poso, Donggala, Luwuk, Toli-toli, Buol, Pasangkayu dan Tondo di Kota Palu,” tambah Denny.

Baca juga: Telkomsel Kirim Team Siaga Bencana TERRA ke Palu

Pada layananya Denny mengatakan jika Telkomsel memprioritaskan tujuh titik prioritas yakni Kantor Pemerintahan, Camp Pengungsian, Bandara, Balaikota Pengungsian, Posko Basarnas, dan Rumah Sakit.

Pihak Telkomsel menjamin jika ketujuh tempat tersebut akan mendapat jaringan yang maksimal. “Di titik-titik tersebut kenyamanan layanan komunikasi baik SMS, Voice maupun internet kami pastikan lancar dan terus terjaga,” ucap Denny.

Telkomsel juga telah mengerahkan tim Siaga Bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) untuk pendirian posko darurat, serta percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi.

Baca Juga : Tinjau Kondisi Jaringan Komunikasi, Rudiantara Terbang ke Palu

Selain bantuan dalam bidang telekomunikasi, Telkomsel juga memberi bantuan secara logistik. Bersama mitra authorized dealer (AD) mereka menyerahkan bantuan sosial kemanusiaan berupa kebutuhan logistik dan juga obat-obatan.

“Kami juga membuka posko untuk pencarian keluarga yang hilang dan dapur umum di depan GraPARI Palu. Selain itu bagi pelanggan yang ingin berdonasi, Telkomsel bekerjasama dengan Rumah Zakat membuka layanan donasi bagi korban gempa Donggala melalui UMB *800*01#, aplikasi TCASH maupun QR Code,” pungkas Denny. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here