Telkomsel Dorong UKM ‘Go Digital’ dengan MokaPOS

Telset.id, Jakarta – Tak hanya membidik pasar bisnis kelas kakap, Telkomsel juga mengarahkan radarnya pada bisnis kelas UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Anak usaha Telkom Grup ini baru saja meluncurkan aplikasi MokaPOS (Point of Sales) yang menyasar bisnis UKM.

MokaPOS merupakan sebuah platform solusi finansial bagi UKM yang memungkinkan penggunaan telepon seluler dan tablet sebagai terminal untuk melakukan transaksi online secara real time.

Selain itu, aplikasi hasil kerja sama Telkomsel dengan startup Moka ini juga dapat membantu UKM dalam mengelola inventaris dan adminstrasi konsumen atau pelanggan.

“Dengan meningkatnya adopsi gaya hidup digital di masyarakat, Telkomsel menghadirkan solusi finansial digital bagi para pengusaha UKM untuk mengelola bisnisnya dengan mudah dan nyaman melalui MokaPOS,” kata General Manager Corporate Business Solution Management Telkomsel, Rini Apriliani.

Rini menambahkan bahwa penggunaan MokaPOS dengan dukungan jaringan broadband dari Telkomsel akan meningkatkan produktivitas  UKM.

“Penggunaan layanan data Telkomsel akan memperlancar transaksi pembayaran merchant dan pengelolaan data berbasis cloud, serta meningkatkan kenyamanan komunikasi dengan pelanggan melalui platform digital ini,” jelas Rini.

CEO & CoFounder Moka, Haryanto Tanjo menambahkan, bahwa ada jutaan UKM di Indonesia yang masih mengatur usaha mereka secara manual. Berkerjasama dengan Telkomsel, Moka memudahkan para pemilik usaha untuk menggunakan aplikasi sistem kasir yang dapat diunduh langsung pada smartphone dan tablet.

“Dengan basis Cloud yang digunakan oleh Moka, pemilik usaha dapat mengakses laporan penjualan, inventaris dan lainnya secara real time,” ujarnya.

MokaPOS memungkinkan merchant untuk melakukan transaksi pembayaran dari konsumen/pelanggan dengan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit.

Selain itu, platform ini juga dapat menyediakan laporan dan analisa keuangan secara real time tanpa harus menunggu sampai akhir hari. Tidak hanya itu, tersedia juga fitur untuk pengelolaan karyawan dan inventaris, serta manajemen data dan feedback dari pelanggan.

Sebagai wujud komitmen untuk mendukung perkembangan bisnis UKM di Indonesia, Telkomsel juga telah menghadirkan SME Corner yang dapat dijumpai oleh pelanggan di GraPARI Denpasar, GraPARI Banda (Bandung), GraPARI Pemuda (Surabaya), dan GraPARI Yogya.

Di SME Corner ini, para pelaku UKM akan dilayani oleh agen customer service yang memiliki product knowledge lengkap tentang UKM. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0