Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik Akhir Tahun

Telset.id, Jakarta  – Momen Natal dan Tahun Baru selalu terjadi lonjakan trafik komunikasi. Menghadapi kedua momen di akhir tahun itu, operator seluler Telkomsel sudah mulai menyiapkan kapasitas jaringannya di seluruh Indonesia.

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru (NARU) 2017 kali ini, Telkomsel memprediksi layanan data akan mencapai trafik tertinggi hingga 4.10 PB (Petabyte) atau naik lebih dari 118% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan untuk video dan music streaming, games online, social media, chatting dan penggunaan berbagai aplikasi. Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1.52 milyar menit dan SMS diperkirakan menjadi 892 juta SMS/ hari.

Mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel melakukan sejumlah persiapan, terutama untuk layanan data, seperti peningkatan kapasitas untuk Internet Service yang ditingkatkan menjadi 837 Gbps atau naik sekitar 78% dari tahun 2015.

Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) ditingkatkan sebesar 241 juta pelanggan (naik 0,8% dari tahun 2015). Kapasitas HLR (Home Location Register) sebesar 313 juta pelangan.

Sementara kapasitas OCS (Online Charging System) sebesar 177 juta diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data.

Selain itu, sebanyak 124.000 BTS Telkomsel yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, dipastikan berfungsi dengan baik untuk melayani pelanggan dimana pun mereka berada.

“Telah tergelarnya jaringan Telkomsel 4G LTE di lebih dari 180 kota di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi-lokasi strategis, yang didukung sekitar 5.200 BTS 4G diharapkan dapat memberikan layanan mobile broadband terbaik bagi pelanggan,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, dalam keterangannya, Selasa (13/12/2016).

Menurutnya, Telkomsel juga telah mengimplementasikan teknologi 4.5G di sembilan kota di Indonesia, yakni di Medan, Jakarta, Bandung, Denpasar, Mataram, Pontianak, Makassar, Manado, dan Ambon.

Ia mengungkapkan, Telkomsel telah melakukan identifikasi terhadap 687 titik keramaian utama yang diprediksi akan dipadati oleh pelanggan di masa NARU, seperti Bandara, Stasiun, Terminal, Pelabuhan, Tempat Wisata, Mal dan Pusat Perbelanjaan, serta Rumah Ibadah.

“Di lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan terjadi rata-rata peningkatan trafik layanan data sebesar 47% bila dibandingkan dengan trafik di hari normal di tahun 2016,” paparnya.

Di lokasi-lokasi strategis yang memerlukan peningkatan kapasitas dan kualitas, Telkomsel juga mengerahkan 91 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjaga agar jaringan tetap prima selama periode NARU.

Dari sisi layanan Telkomsel menyiagakan 487 Armada Mobile GraPARI,  menjamin ketersediaan produk melalui 2.668 modern channel siaga dan 3.779 outlet siaga, serta didukung pula oleh 85 GraPARI Siaga dan Call Centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here