Telegram dan TikTok Dongkrak Trafik Telkomsel di Libur Natal

Telset.id, Jakarta – Telkomsel mengalami lonjakan trafik data di momen Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Sepanjang Nataru terjadi peningkatan trafik sebesar 13,15% jika dibandingkan hari biasa di 2020, dengan total payload yang mencapai 36,61 petabyte.

Menurut Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro peningkatan trafik ini membuktikan bahwa inovasi layanan digital Telkomsel dapat digunakan dengan maksimal oleh pelanggan selama momen Nataru 2021. 

“Kami sangat mengapresiasi dan semakin terinspirasi karena ragam inovasi layanan digital dari Telkomsel nyatanya dapat berguna dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia,” kata Setyanto. 

{Baca juga: Cara Transfer Pulsa Telkomsel}

“Hal ini semakin memacu kami untuk menghadirkan inovasi layanan berbasis digital yang lebih memberikan dampak dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat di setiap fase kehidupan,” ungkap Setyanto.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Rabu (06/01/2020) jika dibandingkan dengan periode Nataru 2020, trafik layanan data yang dibukukan tahun ini naik 53,28%. 

Diketahui juga bahwa tanggal 1 Januari 2021 menjadi puncak dari peningkatan trafik layanan data yang terjadi pada momen Nataru 2021. 

Pencapaian tersebut tentunya didorong dari perubahan perilaku pelanggan yang semakin kuat mengadopsi layanan digital untuk aktivitas sehari-hari. 

Tercatat terjadi pertumbuhan tingkat akses terhadap sejumlah layanan digital seperti layanan e-commerce yang mencapai 26,55%, aplikasi pesan singkat dan video conference sebesar 17,58% dan aplikasi browsing naik 17,31%. 

(Foto : Telkomsel)

Lebih lanjut kenaikan trafik untuk layanan media sosial juga terjadi yakni sebesar 14,28%, disusul oleh trafik penggunaan layanan hiburan digital streaming video sebesar 12,22%, serta eskalasi aktivitas mobile gaming mencapai 10,79%.

Seluruh peningkatan tersebut merupakan perbandingan antara aktivitas pelanggan saat Nataru 2021 dengan rerata hari biasa sepanjang tahun 2020 kemarin.

Telegram dan TikTok Banyak Diakses Pelanggan

Telkomsel juga mencatat terjadi kenaikan trafik sejumlah aplikasi digital dimana ada enam aplikasi digital yang banyak diakses pelanggan. Keenamnya yakni Telegram, Netflix, MAXstream, TikTok, WhatsApp, dan Instagram.  

Keenam platform tersebut mampu memberikan kontribusi tertinggi terhadap trafik penggunaan layanan data secara umum.

Secara keseluruhan, memang platform media sosial menjadi saluran yang paling sering diakses oleh pelanggan dengan proporsi 30,19% dari total jenis layanan berbasis data yang diakses selama momen Nataru. 

Selain itu pelanggan juga banyak mengakses aplikasi streaming video, komunikasi, games, dan e-commerce yang secara berurutan mengalami peningkatan dengan persentase 28,27%, 19,58%, 2,64%, dan 1,85%.

Telkomsel juga menemukan adanya peningkatan pemakaian dari tiga layanan digital Telkomsel yakni CloudX, VoLTE, dan MAXstream.

Dibandingkan dengan hari-hari biasa di 2020, pertumbuhan pemanfaatan CloudX bahkan mencapai 379,55%. Selanjutnya, kenaikan layanan VoLTE meningkat 48,43%, sedangkan kenaikan platform video streaming MAXstream mencapai 43,33%.

Kemudian, jika dilihat berdasarkan pembagian wilayah, wilayah operasional Sumatera bagian utara (Sumbagut) yang terdiri dari provinsi Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam alami kenaikan trafik layanan data tertinggi, yaitu sekira 20,61%.

{Baca juga: Natal 2020, Trafik Layanan Data Telkomsel Melonjak 7,77%}

Setelahnya ada wilayah Jawa Tengah yang mencatatkan peningkatan payload sebesar 17,64%. Sedangkan Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara (Balinusra)  mengalami pertumbuhan trafik 15,82% dan 14,68%, jika dibandingkan hari biasa sepanjang 2020.

Lalu ada juga Sumatera bagian selatan yakni Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bangka Belitung dan Bengkulu yang mengalami peningkatan mencapai 15,63%. 

Terakhir untuk trafik layanan SMS dan suara atau voice pada periode Nataru 2021 jika dibandingkan dengan hari biasa 2020, tercatat menghasilkan trafik SMS yang mencapai 612,3 juta pesan singkat, atau tumbuh sebesar 7,02%. 

Sedangkan untuk layanan suara, trafiknya berada di angka 0,914 miliar menit, atau turun sebesar 4,43%. Terakhir dibandingkan dengan periode Nataru 2020, trafik layanan SMS mengalami peningkatan 2,87%, sedangkan trafik layanan suara menurun 18,23%.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru 2020}

Peningkatan trafik data Telkomsel di Nataru 2021 mungkin bisa terjadi momen Nataru 2022 dan seterusnya. Alasannya karena internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari. [NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -