Dear Gamers, Steam dan Counter Strike Sedang Daftar PSE Kominfo

Telset.id, Jakarta – Kabar menggembirakan datang dari Steam dan game Counter Strike. Setelah sempat diblokir oleh Kominfo karena belum daftar PSE, kabarnya Steam, Dota dan Counter Strike sedang proses melakukan pendaftaran PSE Kominfo.

Melalui konferensi pers pada Minggu (31/7/2022), Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani mengatakan kalau Steam, Dota dan Counter Strike sudah menghubungi pihak Kominfo dan sedang melakukan proses pendaftaran layanan mereka.

“Steam dan Counter Strike sudah melakukan korespondensi dengan kita dan mereka sedang proses untuk melakukan pendaftaran,” imbuh Semuel.

Dirinya berharap semoga proses pendaftaran bisa segera selesai, sehingga blokir Steam dan Counter Strike berakhir. Dengan begitu, para gamers bisa kembali bermain game di kedua layanan tersebut.

“Saya juga suka bermain game online, sehingga mudah-mudahan dalam waktu dekat mereka juga sudah bisa melengkapi proses pendaftaran agar layanan ini bisa segera digunakan oleh masyarkat,” jelas Semuel.

Ia juga meminta maaf kepada para gamers, karena akibat kebijakan ini mereka tidak bisa bermain game di Steam dan platform-platform lainnya yang diblokir.

“Jadi mohon maaf teman-teman, pemain game. Mohon maaf sementara waktu memang masih ada kendala,” tutur Semuel.

BACA JUGA

Steam dan Counter Strike Diblokir Kominfo 

Steam PSE Kominfo

Seperti diketahui kalau Kementerian Kominfo memblokir beberapa platform yang belum melakukan pendaftaran sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Total ada 10 layanan yang bakal diblokir Kominfo termasuk Steam dan Counter Strike.

Dikutip Telset dari laman resmi Kominfo pada Sabtu (30/7/2022), Kominfo mencatat kalau per tanggal 29 Juli 2022 pukul 10.00 WIB, sudah ada 5.394 PSE telah mendaftarkan 8.962 Sistem Elektronik (SE) yang terdiri atas 8.680 SE Domestik dan 282 SE Asing.

Selain itu Kominfo juga telah mengirimkan surat kepada para Penyelenggara Sistem PSE yang mengoperasikan SE Terpopuler pada tanggal 22 Juli 2022.

Tujuannya untuk memberitahukan kembali kewajiban PSE untuk segera melakukan pendaftaran SE yang dioperasikan dalam waktu 5 hari kerja terhitung sejak 25 Juli 2022.

Berdasarkan hasil evaluasi Kementerian Kominfo, hingga 29 Juli 2022, terdapat 10 dari 100 SE terpopuler dengan kategori wajib daftar yang belum melakukan pendaftaran.

BACA JUGA:

“Kementerian Kominfo akan mengenakan sanksi berupa pemutusan akses sementara kepada sepuluh SE tersebut apabila tidak melakukan pendaftaran sampai dengan 29 Juli 2022 Pkl 23.59 WIB,” tulis Kominfo.

“Pemutusan akses tersebut telah didahului sebelumnya dengan koordinasi kepada kementerian atau lembaga terkait yang mengawasi kegiatan SE terkait,” sambungnya.

Berikut ini daftar 10 PSE yang diblokir Kominfo karena belum mendaftar, yang merupakan layanan game seperti Steam, Counter Strike hingga PayPal.

  1. Amazon.com
  2. PayPal
  3. Yahoo
  4. Bing
  5. Steam
  6. Dota
  7. Counter Strike
  8. Epic Games
  9. Battlenet
  10. Origin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0