Belum Daftar PSE, Kominfo Blokir Steam, Epic Games dkk

Telset.id, Jakarta – Kementerian Kominfo mengancam akan memblokir beberapa platform yang belum melakukan pendaftaran sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Total ada 10 layanan yang bakal diblokir Kominfo termasuk Steam, Epic Games hingga Dota.

Dikutip Telset dari laman resmi Kominfo pada Sabtu (30/7/2022), Kominfo mencatat kalau per tanggal 29 Juli 2022 pukul 10.00 WIB, sudah ada 5.394 PSE telah mendaftarkan 8.962 Sistem Elektronik (SE) yang terdiri atas 8.680 SE Domestik dan 282 SE Asing.

Selain itu Kominfo juga telah mengirimkan surat kepada para Penyelenggara Sistem PSE yang mengoperasikan SE Terpopuler pada tanggal 22 Juli 2022.

Tujuannya untuk memberitahukan kembali kewajiban PSE untuk segera melakukan pendaftaran SE yang dioperasikan dalam waktu 5 hari kerja terhitung sejak 25 Juli 2022.

BACA JUGA:

Berdasarkan hasil evaluasi Kementerian Kominfo, hingga 29 Juli 2022, terdapat 10 dari 100 SE terpopuler dengan kategori wajib daftar yang belum melakukan pendaftaran.

“Kementerian Kominfo akan mengenakan sanksi berupa pemutusan akses sementara kepada sepuluh SE tersebut apabila tidak melakukan pendaftaran sampai dengan 29 Juli 2022 Pkl 23.59 WIB,” tulis Kominfo.

“Pemutusan akses tersebut telah didahului sebelumnya dengan koordinasi kepada kementerian atau lembaga terkait yang mengawasi kegiatan SE terkait,” sambungnya.

Pemutusan akses terhadap sistem elektronik yang belum melakukan pendaftaran sistem elektronik tidak bersifat permanen.

Kementerian Kominfo dapat kembali membuka akses sistem elektronik atau melakukan normalisasi setelah PSE terkait menyelesaikan proses pendaftaran Sistem Elektronik dan mengirimkan informasi Tanda Daftar PSE melalui email aduanpseprivat@kominfo.go.id.

Berikut ini daftar 10 PSE yang terancam diblokir Kominfo karena belum mendaftar, yang merupakan layanan game seperti Steam, aplikasi fintech seperti PayPal dan Yahoo.

  1. Amazon.com
  2. PayPal
  3. Yahoo
  4. Bing
  5. Steam
  6. Dota
  7. Counter Strike
  8. Epic Games
  9. Battlenet
  10. Origin.

Steam dan Epic Games Diblokir Kominfo 

Karena sudah melewati batas akhir, tim Telset hari Sabtu ini (30/7/2022), mengecek kesepuluh platform tersebut di situs PSE Kominfo, untuk memastikan apakah mereka sudah mendaftarkan diri atau belum.

Hasilnya baru PayPal, Bing dan Battle.Net saja yang sudah terdaftar di situs PSE Kominfo. Sementara layanan lainnya belum masuk dalam list daftar PSE Asing yang terdaftar.

PayPal Bing Battle.Net PSE Kominfo

Kemudian kami mencoba mengakses PSE yang belum terdaftar. Hasilnya Steam, Epic Games, dan Origin tidak bisa diakses sehingga kemungkinan kalau platform tersebut sudah diblokir.

BACA JUGA

Namun, Yahoo dan Amazon masih bisa diakses. Padahal keduanya belum masuk daftar PSE yang terdaftar. Kominfo belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai nasib PSE yang belum terdaftar ini, dan mengapa ada yang sudah terblokir dan masih bisa diakses.  [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0