Setelah Hoax, Giliran Clickbait Ditangani Serius oleh Facebook

Fitur hapus pesan

Telset.id, Jakarta – Setelah tidak henti-hentinya memerangi berita palsu atau Hoax, Facebook dikabarkan kembali beraksi. Kini, media sosial itu akan mulai merazia satu persatu konten clickbait yang kini banyak tersebar di Internet.

Langkah ini mungkin bukan kali pertama dilakukan Facebook. Namun kali ini, Mark Zuckerberg cs akan menggunakan algoritma terbaru yang pastinya bakal lebih efektif lagi.

Dilansir dari laman The Verge, Facebook mengungkapkan bahwa mereka akan menyasar clickbait berdasarkan konten, bukannya berdasarkan Page. Mereka akan menentukannya dari 2 hal, yaitu apakah judul melebih-lebihkan informasi atau menyembunyikan informasi.

“Orang-orang mengatakan, mereka tidak suka dengan konten yang menyesatkan, sensasional atau seperti spam. Termasuk judul clickbait yang didesain untuk menarik perhatian dan meningkatkan pengunjung dengan mengklik sebuah situs,” ujar teknisi Facebook dalam laman blog Facebook.

Selain itu, mereka juga menjelaskan bahwa usaha untuk mengurangi clickbait ini juga tidak akan hanya terbatas pada konten berbahasa inggris saja, mereka akan mulai mencoba melakukan ini dengan bahasa lainnya.

“Dalam usaha untuk membuat komunitas yang cerdas, kami akan terus berusaha untuk menentukan konten apa yang memiliki judul clickbait sehingga kami bisa mengurangi jumlahnya,” lanjut mereka.

Dengan demikian, pihak Facebook berharap konten yang ada di platform mereka akan terbebas dari berita hoax, clickbait, dan konten-konten negatif lainnya di kemudian hari. [NC/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here