Serius Garap Mobil Otonom, Uber Borong SUV Volvo

Telset.id, Jakarta – Era mobil otonom atau mobil tanpa awak nampaknya semakin mendekati kenyataan. Itu dibuktikan dengan cepatnya pergerakan perusahaan teknologi dan juga otomotif dalam mengembangkan teknologi mobil pintar tersebut, dan bahkan beberapa diantaranya telah siap diimplementasikan.

Salah satu perusahaan yang sedang getol mengembangkan mobil otonom adalah Uber. Perusahaan layanan ridesharing asal San Francisco ini dikabarkan tengah berambisi untuk memiliki armada taksi online yang bisa beroperasi secara otomatis tanpa campur tangan manusia.

Hal itu dibuktikan dengan adanya kabar jika Uber telah membeli 24 ribu unit kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) Volvo XC90 yang nantinya akan digunakan untuk membentuk armada angkutan otonomnya tersebut.

[Baca juga: Serius Kembangkan Taksi Terbang, Uber Gandeng NASA]

“Kesepakatan baru ini menempatkan kita pada jalur produksi kendaraan otonom secara massal,” ucap Jeff Miller, Head of Auto Alliances Uber, seperti dikutip Telset.id dari The Verge, Selasa (21/11/2017).

Kendaraan seharga USD 45.750 atau sekitar Rp 619,4 jutaan tersebut nantinya akan dikirimkan Volvo dalam rentang tahun 2019 sampai 2021 mendatang. Volvo XC90 sendiri dipilih Uber karena SUV ini sudah memiliki teknologi inti dari sistem otonom itu sendiri yang memungkinkan Uber untuk menambahkan fitur otonomnya sendiri di dalam kendaraan tersebut.

[Baca juga: Duh! Hari Pertama Beroperasi, Bus Otonom Tabrakan]

Pemesanan puluhan ribu unit SUV yang dilakukan Uber sendiri membuat Volvo semakin yakin dengan rencananya yang akan merilis kendaraan otonom pertama pada 2021 mendatang. Dikabarkan, jenis kendaraan otonom yang akan diluncurkan Volvo nantinya memiliki model yang hampir sama dengan XC90.

“Industri otomotif sedang terganggu dengan adanya teknologi, dan Volvo memilih untuk jadi bagian aktif dari ‘gangguan’ itu,” pungkas Håkan Samuelsson, President and Chief Executive Volvo. (FHP/HBS)

SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0