telset

Perusahaan Telekomunikasi Korsel Sepakat Luncurkan 5G Bareng

Telset.id, Jakarta – Kementerian Sains dan ICT dan Perusahaan telekomunikasi Korea Selatan (Korsel) sepakat untuk meluncurkan 5G secara berbarengan. Langkah ini dinilai penting untuk menghindari persaingan yang tidak perlu supaya tidak menambah beban biaya pemasaran.

Selain itu, Otoritas IT Korsel itu juga mengumumkan bahwa mereka akan memberikan manfaat pajak “tidak terbatas” dan layanan pemeliharaan keamanan kepada SK Telecom, KT, dan LG Uplus.

Korsel berencana untuk mengkomersilkan jaringan generasi berikutnya pada Maret 2019, dengan uji coba mulai Desember tahun ini. Langkah ini dipandang sebagai cara untuk menghindari kampanye pemasaran mahal yang terjadi pada peluncuran 4G LTE 2011 silam.

Kala itu, setiap perusahaan telekomunikasi menyatakan bahwa mereka adalah yang pertama di dunia dalam teknologi 4G LTE, sehingga membuat biaya pemasaran menjadi tinggi dan terkadang membuat iklan negatif terhadap pesaing. Perusahaan IT negeri Ginseng itu juga memberikan banyak subsidi untuk menarik pelanggan menjauh dari saingan mereka.

Persaingan yang baru ditemukan di antara perusahaan telekomunikasi Korsel juga berasal dari munculnya perusahaan telekomunikasi Cina. Negara tetangga itu menargetkan untuk menjadi negara pertama yang menggulirkan 5G.

Kendati demikian Kementerian Korsel belum mengumumkan secara resmi waktu pasti peluncuran 5G, yang sudah diketahui bulannya itu.

Kementerian juga membahas kontroversi Huawei baru-baru ini, dengan mengatakan mereka tidak membedakan antara vendor peralatan jaringan dan perusahaan telekomunikasi bebas memilih pemasok mereka.

Awal bulan ini, Samsung Electronics meluncurkan peralatan spektrum 3.5GHz dan 28GHz dan menekankan bahwa mereka dapat diandalkan dan aman, sebagai serangan halus terhadap Huawei yang menjadi saingannya.

Korsel telah menyelesaikan lelang dan alokasi spektrum 5G bulan lalu. [WS/IF]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0