Pergantian Tahun, Trafik Data Telkomsel di Jabotabek Melonjak 31%

Telset.id, Jakarta – Momen puncak perayaan Tahun Baru 2018 selalu menjadi masa “panen raya” bagi para operator seluler. Telkomsel Area Jabotabek Jabar mencatat lonjakan trafik layanan berbasis data hingga 31%.

Trafik layanan data di terbesar terjadi di wilayah Jabotabek, dengan total pemakaian mencapai 465 TB. Sedangkan di wilayah Jawa Barat peningkatan trafik layanan data mencapai 48%.

Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Ririn Widaryani mengatakan, Telkomsel bersyukur dapat mengawal momen pergantian tahun ini dengan sukses dan tanpa kendala yang berarti.

“Dengan kesiapan jaringan serta ketersediaan produk dan layanan yang telah diantisipasi sebelumnya, pelanggan di wilayah Area Jabotabek Jabar dapat dengan nyaman mengakses layanan Telkomsel,” ujar Ririn dalam keterangan resminya, Rabu (3/1/2018).

Lebih jauh Ririn menjelaskan bahwa ada sekitar 90 BTS berteknologi frekuensi TDD 2,3 GHz dengan kapasitas mencapai 30MHz telah disiagakan di 141 titik keramaian puncak malam tahun baru, seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun kota hingga titik transit seperti bandar udara, stasiun, pelabuhan dan terminal.

Lonjakan trafik layanan data tertinggi yang menggunakan jaringan BTS TDD 2,3 GHz ini terjadi di wilayah destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol sebesar 55%, Taman Mini Indonesia Indah hingga 51%, dan Alun-alun kota Sumedang yang mencapai 25% dibanding trafik pada hari biasa.

Secara keseluruhan selama momen perayaan pergantian tahun di Taman Impian Jaya Ancol menjadi titik dengan total trafik layanan data tertinggi di wilayah Jabotabek, sebesar 7,75 TB.

Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat, trafik layanan data tertinggi dengan total trafik layanan data mencapai 12 TB terjadi di titik destinasi rekreasi Cipanas, Kota Bunga Bogor.

Ririn mengklaim antisipasi lonjakan trafik layanan data dengan menyiagakan tambahan 24 COMBAT terbukti mampu mengatasi lonjakan trafik layanan data berbasis broadand di sejumlah titik perayaan malam tahun baru.

Seperti di wilayah destinasi wisata Pantai Anyer yang mengalami kenaikan trafik mencapai total 519 GB serta Batu Karas dengan total utilisasi sebesar 251 GB. (MS/HBS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI