Pengguna Smartfren Silaturahmi Lebaran Pakai Video Call

Telset.id, Jakarta – Momen mudik Lebaran berhasil dilalui Smartfren dengan mulus. Dan sesuai prediksi, layanan Data mengalami lonjakan tertinggi hingga mencapai 160,74% dibanding Lebaran tahun lalu.

Peningkatan terbesar terjadi di Jabodetabek dan Jawa Timur. Meski demikian, di tahun 2016 ini terjadi penurunan trafik untuk voice serta SMS masing masing sebesar -40,55% untuk voice serta -22,47% untuk SMS.

Sementara itu untuk trafik VoLTE, mengalami peningkatan trafik video call sebesar 37,72% dibandingkan dengan hari biasa, sementara voice call melalui teknologi VoLTE mengalami penurunan sebesar -17,44%.

Menurut Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren, trafik voice serta SMS memang mengalami penurunan karena masyarakat lebih memanfaatkan sarana social messenger seperti Line, BBM, serta Whatsapp untuk mengirimkan ucapan lebaran.

“Kami juga melihat ada tren baru dalam berkomunikasi yaitu menggunakan video call dibandingkan voice call, terlihat dari adanya peningkatan trafik VoLTE. Tentunya kami sangat senang, karena teknologi yang kami sediakan ini dapat membantu mereka yang terpisah jarak,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama bulan Ramadhan, Smartfren telah melakukan monitoring dan penanganan gangguan selama 24 jam mulai dari H-14 hingga  H+14 Idul Fitri.

Smartfren melakukan backup sistem di wilayah yang diprediksi memiliki trafik tinggi seperti di stasiun, dengan menyediakan 265 unit BTS baik fixed dan temporary di sepanjang jalur mudik, dan 176 unit BTS di kota kota yang memiliki trafik tinggi.

Dengan demikian, di lokasi dengan kemacetan lalu lintas yang tinggi seperti disepanjang tol Pejagan – Brebes Timur, kota Tegal hingga ke kota Pekalongan pelanggan smartfren masih dapat memanfaatkan layanan data, voice dan SMS dengan baik tanpa gangguan yang berarti.

Sementara itu, melihat pengalaman tahun tahun sebelumnya dimana para pemudik mengalami kemacetan di rute mudiknya, Smartfren menghadirkan promo bagi pelanggan baru MiFi di jalur mudi. Cukup dengan membeli kuota sebesar 30GB seharga Rp 300.000 pelanggan akan langsung mendapatkan Andromax M2Y MiFi. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI