telset
spot_img

Pelanggan 5G Diprediksi Tembus 4,4 Miliar di Akhir 2027

Telset.id, Jakarta – Jumlah pelanggan 5G diprediksi terus meningkat dari tahun ke tahunnya.  Pada akhir tahun 2027, total pelanggan 5G diperkirakan mencapai 4,4 miliar di seluruh dunia.

Prediksi ini diungkapkan langsung oleh Executive Vice President and Head of Networks, Ericsson Fredrik Jejdling dalam konferensi pers terkait kajian Ericsson Mobility Report tahun 2021 pada Rabu (15/12/2021).

Perusahaan teknologi asal Swedia itu mengungkapkan bahwa jumlah pelanggan jaringan generasi kelima di seluruh dunia, bakal terus bertambah setiap tahun.

“Jumlah pelanggan 5G akan terus bertambah. Hingga akhir tahun 2021, kami memperkirakan akan ada 660 juta pelanggan 5G baru yang tersebar di seluruh dunia,” tutur Fredrik.

Baca juga: 7 Manfaat Jaringan 5G untuk Kehidupan Manusia

Khusus di wilayah Asia Tenggara dan Oseania, jumlah pelanggan 5G akan mencapai hampir 15 juta pada akhir tahun 2021 dan tumbuh positif selama beberapa tahun ke depan.

“Wilayah Asia Tenggara dan Oseania adalah salah satu wilayah dengan pertumbuhan jumlah pelanggan yang tinggi. Kami meramalkan bahwa akan ada 560 juta pelanggan 5G baru di wilayah tersebut pada tahun 2027,” ungkapnya.

Fredrik menambahkan, bahwa jika peningkatan terus terjadi setiap tahun, maka pelanggan jaringan 5G di seluruh dunia diproyeksikan mencapai 4,4 miliar pada akhir 2027, atau 50% dari seluruh jumlah pelanggan seluler pada tahun yang sama.

“Pelanggan 5G di seluruh dunia diperkirakan akan mencapai 4,4 miliar pada akhir 2027, menyamai sekitar setengah dari keseluruhan pelanggan seluler pada waktu yang sama,” jelas Fredrik.

Peningkatan jumlah pelanggan 5G juga mendongkrak traffic seluler. Total data traffic jaringan seluler kemungkinan akan mencapai 370EB pada akhir 2027.

Penyebab Pelanggan 5G Meningkat di Tahun 2027

Pelanggan jaringan 5G tahun 2027

Adapun yang menjadi penyebab melonjaknya jumlah pelanggan 5G, sebagaimana diungkap Fredrik lagi, adalah semakin tingginya permintaan di Cina dan Amerika Utara.

Selain itu, penurunan harga perangkat 5G juga diduga sebagai penyebab, sehingga masyarakat lebih mudah membeli perangkat tersebut. Belum lagu ditambah pengembangan infrastruktur jaringan yang dilakukan operator seluler.

Baca juga: Daftar Lengkap Area yang Dapat Sinyal 5G di Indonesia

“Berdasarkan perkiraan terbaru, 5G telah berada di jalur yang tepat untuk menjadi teknologi akses seluler yang dominan secara global berdasarkan jumlah langganan pada 2027,” pungkas Fredrik. (NM/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0