8 Pekerja Palapa Timur Telematika Tewas Diserang KKB Papua

Telset.id, Jakarta – Dikabarkan 8 pekerja dari PT Palapa Timur Telematika (PTT) tewas usai diserang Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB, di Papua.

Berdasarkan informasi yang tim Telset himpun pada Jumat (4/3/2022) dari Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, kasus ini terjadi pada Rabu dini hari (2/3/2022).

Menurut penuturannya, penyerangan oleh KKB Papua terjadi saat para pekerja PT Palapa Timur Telematika sedang memperbaiki Menara BTS 3 Telkomsel di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua.

“Penyerangan yang dilakukan oleh KKB di Menara Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel CO 53M 756085 9585257 di Wilayah Distrik Beoga, Kabupaten Puncak,” kata Kombes Ahmad.

Baca juga: Kominfo Investigasi Kasus Pembakaran Tower Palapa Ring Timur

Polisi menerima laporan penyerangan tersebut dari pekerja yang selamat berinisial NS. Saat itu, NS sedang tidak berada di lokasi kejadian. Saat ia kembali ke lokasi, rekan-rekannya ditemukan sudah tidak bernyawa sekitar pukul 13.00 WIT.

Sontak, ia langsung menghubungi pihak kepolisian serta meminta bantuan melalui CCTV Tower BTS 3 pada Kamis (3/3/2022).

“Melihat rekan-rekannya sudah tidak bernyawa, sekitar pukul 13.00 WIT saksi meminta bantuan penyelamatan melalui CCTV Tower BTS 3. Kemudian pukul 16.00 WIT baru termonitor di CCTV Pusat PTT di Jakarta,” jelasnya.

Palapa Timur Telematika

Masih menurut laporan saksi, penyerangan KKB Papua menyebabkan 8 pekerja PT Palapa Timur Telematika tewas di tempat. Mereka berinisial B, R, BN, BT, J, E, S, dan PD. Saat ini NS dan 8 jenazah masih berada di lokasi kejadian dan belum dapat dievakuasi karena faktor cuaca.

“Untuk ke lokasi kejadian hanya dapat ditempuh lewat jalur udara,” ungkap Kombes Ahmad.

Akan tetapi, Kombes Ahmad berjanji akan membentuk tim khusus untuk proses evakuasi dan penyelidikan terhadap kasus penyerangan ini.

“Polres Puncak sudah membentuk tim untuk menuju ke TKP, guna membantu proses evakuasi dan melakukan penyelidikan dan penyidikan,” sambung Kamal.

Sedangkan menurut humas PT PTT, Aifi Anna Shinti, pihaknya akan menjaga supaya layanan telekomunikasi Palapa Ring Timur tetap beroperasi maksimal pasca kejadian naas kemarin.

“Perusahaan telah mengupayakan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan layanan telekomunikasi Palapa Ring Timur tetap berfungsi dengan baik,” tutur Aifi.

Baca juga: Kabel FO Palapa Ring Barat Putus, Internet Terganggu

PT PTT juga akan berusaha untuk melakukan evakuasi terhadap para pekerja yang berada di Tower BTS 3.

“Begitu pula kami mengupayakan terbaik untuk melakukan evakuasi terhadap karyawan,” tutup Aifi. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0