Pasokan Listrik Pulih, BTS Operator di Palu Berfungsi 60%

Telset.id, Jakarta – Kementerian Kominfo menyatakan jumlah BTS operator seluler yang berfungsi di wilayah Sulawesi Tengah pasca-gempa bumi dan tsunami telah mencapai 60 persen per hari ini, Jumat (5/10/2018), atau naik 10 persen dari sehari sebelumnya.

Hal ini dipengaruhi oleh mulai pulihnya sistem jaringan transmisi yang mendukung keseluruhan BTS operator seluler. Selain itu, kenaikan ini juga dipengaruhi oleh berangsur pulihnya pasokan listrik di Palu.

Kenaikan signifikan dari performa BTS pasca-bencana ini tidak terlepas dari kerja keras tim recovery dari ketiga operator seluler dengan dukungan penuh dari tim dari Kominfo.

Untuk diketahui, Menteri Kominfo Rudiantara telah menunjuk Dirjen SDPPI, Ismail untuk menjadi penanggung jawab percepatan pemulihan infrastruktur dan layanan sektor Kominfo pascabencana gempa dan tsunami di wilayah Sulawesi Tengah dan wilayah sekitar terdampak.

Baca juga: 536 BTS di Lombok Tumbang Pasca Gempa Susulan

Kominfo sendiri telah menurunkan tiga tim untuk membantu proses pemulihan pascagempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Tim pertama dipimpin langsung Dirjen SDPPI, yang terdiri atas 30 orang (pusat dan daerah) untuk membantu percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi.

Tim kedua dipimpin oleh Direktur Utama BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kominfo, Anang Latief, yang beranggotakan 12 orang yang secara khusus menyediakan dan mendistribusikan telepon satelit dan perangkat internet satelit.

Tim ketiga dipimpin oleh Dirjen IKP Rosarita Niken Widiastuti yang bertugas membangun dan mengoperasikan media centre.

Baca juga: Pasca Gempa, Layanan Telkomsel Berangsur Pulih di Donggala

Hingga hari ini, Jumat (5/10/2018), jumlah telepon satelit yang telah didistribusikan ke posko-posko pengungsian berjumlah 64 unit, masing-masing 31 unit di termin pertama dan 33 unit di termin kedua.

Sementara jumlah perangkat internet satelit yang sudah berfungsi di lokasi bencana mencapai 10 unit perangkat yang dipasang di 10 tempat, seperti Posko Utama Korem, Rumah Dinas Gubernur, Kantor Walikota, RS Bhayangkara, RS Wirabuana.

Dengan 10 perangkat internet satelit tersebut, warga dapat mengakses internet menggunakan wifi secara gratis. User ID untuk 10 internet satelit tersebut adalah ‘BaktiKominfo’. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI