Pasar Smartphone di Kawasan SEA Tumbuh 18,1%

Telset.id, Jakarta – Menurut International Data Corporation (IDC) Asia/Pacific Quarterly Mobile Phone Tracker, total pengiriman smartphone di Asia Tenggara (South East Asia/SEA) mencapai 28 juta unit pada Q2 2016.

Itu menandakan bahwa terjadi peningkatan sebanyak 18,1% per kuartalnya (QoQ) dan meningkat 6,5% per tahunnya (YoY). Negara yang dianalisis oleh IDC pada kawasan SEA adalah Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filiphina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

[Baca Juga: Smartphone 3G Masih Unjuk Gigi di Pasar SEA]

Harga yang kompetitif dan kegiatan pemasaran yang ramai merupakan faktor pendorong utama bagi pasar SEA. Smartphone dengan harga di bawah USD 150 (Rp 2 jutaan) berhasil mencetak 68% dari total pengiriman smartphone di Q2 2016.

“Beberapa model terlaris pada kisaran harga tersebut adalah Samsung Galaxy J1 Mini, Oppo Neo 5, dan Asus Zenfone Go,” jelas Jensen Ooi, Analisis Pemasaran, IDC Asia/Pacific.

Jika dilihat dari tabel di atas, pangsa pasar di kawasan SEA masih didominasi oleh Samsung yang diikuti oleh Oppo, True (operator Thailand), Asus dan Lava. Samsung bisa meraih posisi puncak karena mengandalkan seri Galaxy J yang memang sangat cocok untuk segmen masyarakat di kawasan SEA.

Sedangkan pabrikan asal China, Oppo yang sedang bernafsu untuk terus mengembangkan seri F ini malah turun tahta untuk pertama kalinya dengan mengandalkan seri Neo.

Sementara Asus masih mengandalkan seri murah meriahnya yakni Zenfone Go untuk memikat hati masyarakat SEA. Sedangkan Lava dan True masih berupaya untuk mengingkatkan jumlah pelanggannya di Thailand.[FHP/HBS]

IDC SEA

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -